Wednesday, December 19, 2018

Mengulik Keindahan Burung Niltava Kumbang-padi

Jenis burung ocehan yang tersebar di wilayah hutan Indonesia tergolong cukup banyak dengan nama dan corak warna yang beragam. Sebagian besar dari jenis burung ocehan tersebut memiliki suara kicauan yang tergolong merdu dan nyaring. Akan tetapi, umumnya yang dikenal orang-orang biasanya yang banyak dipelihara maupun sering diikutkan dalam perlombaan. Untuk itu pada tulisan ini coba mengulik salah satu jenis burung ocehan yang tidak terlalu dikenal orang-orang tapi memiliki corak warna bulu yang indah dan suara kicauan yang merdu. Adapun namanya adalah burung Niltava Kumbang-padi.

Mendengar nama burung Niltava Kumbang-padi mungkin terasa asing di telinga para pembaca sekalian. Ya, hal ini dirasa wajar sebab jenis burung Niltava Kumbang-padi hanya terdapat di wilayah Pulau Sumatera saja. Akan tetapi, burung ini pun juga tersebar keberbagai negara di kawasan Asia lainnya seperti Nepal, India, Tiongkok, Myanmar, Thailand, Laos, Vietnam, dan Malaysia. Selain itu, area hutan yang umumnya dijadikan tempat tinggalnya berada di dataran tinggi dengan rentang 900 sampai 2500 meter di atas permukaan laut.
Burung Niltava Kumbang-padi
Kehidupan burung yang bernama latin Niltava grandis ini di alam liar biasa mendiami area hutan bawah gunung yang banyak ditumbuhi pepohon dan hutan pegunungan yang tidak jauh dari aliran sungai. Saat mencari makanan berupa serangga dan buah-buahan yang berukuran kecil seringnya dilakukan secara sendirian. Selain itu, sewaktu memasuki musim berkembangbiak biasanya indukan akan membangun sarangnya yang berupa mangkuk berukuran kecil yang diletakkan dekat cabang pohon.

Ukuran fisik burung Niltava Kumbang-padi tergolong sedang dengan panjang sekitar 22 cm. Corak warna bulunya terdapat perbedaan yang mencolok antara jantan dan betinanya. Bagi burung jantan memiliki tiga jenis corak warna yakni biru tua biasa, biru tua mengkilap, dan hitam. Warna biru tua biasa tampak menutupi area mahkota kepala, sisi tenggorokan, sisi sayap, pertengahan punggung, dan area atas ekornya. Warna biru tua mengkilap terlihat diarea atas tubuhnya seperti hampir keseluruhan punggung dan sayapnya. Lalu warna hitam terdapat diarea wajah, tenggorokan, ujung sayap, bagian tengah ekor, dada, dan perutnya.

Baca juga:

Adapun burung Niltava Kumbang-padi betina bercorak warna cenderung agak kusam dengan warna abu-abu kebiruan, cokelat zaitun, dan putih kusam. Warna abu-abu kebiruan tampak diarea mahkota kepala dan sisi lehernya. Warna cokelat zaitun terlihat menutupi hampir keseluruhan tubuhnya seperti sisi wajah, tenggorokan, dada, punggung, sayap, perut, dan ekornya. Lalu warna putih kusam hanya terlihat di area tenggorokannya saja. Selain itu, persamaan antara jantan dan betinanya memiliki paruh berwarna hitam yang berukuran kecil, matanya berwarna hitam kecokelatan berukuran sedang dengan bentuk bulat. Ekornya berukuran sedang yang terdiri dari beberapa helai bulu yang agak lebar. Kakinya berwarna abu-abu kehitaman dengan ukuran sedang dan tampak agak kurus.

Sedangkan suara kicauan burung Niltava Kumbang-padi tergolong merdu dan agak melengking. Volume kicauan yang dibunyikannya lumayan tinggi dengan irama naik-turun nada yang teratur. Tempo kicauannya tidak terlalu rapat dengan nada berupa siulan seperti: “k tiuu...tiuu...tii”. Selain itu, burung Niltava Kumbang-padi juga memiliki beberapa jenis suara lainnya yang salah satunya terdengar agak berderik dnegan volume tinggi.

Nah, begitulah kiranya penjelasn seputar burung Niltava Kumbang-padi yang tidak hanya memiliki corak warna indah tapi juga bersuara merdu dan nyaring. Untuk itu dengan membaca artikel ini sampai tuntas mungkin dapat menambah wawasan kita seputar ragam jenis burung ocehan yang jarang dibicarakan banyak orang. Okey.

Referensi Tulisan:
1. http://www.kutilang.or.id/2013/03/21/niltava-kumbang-padi/
2 https://omkicau.com/2014/09/19/burung-niltava-penampilannya-mirip-tledekan/

Referensi Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Large_Niltava_-_Thailand_S4E0165_(19324739065).jpg

1 comment