Thursday, May 31, 2018

Sikatan Mugimaki, Si Burung Ocehan Migrasi yang Bersuara Merdu

Jenis burung Sikatan yang sering dipanggil dengan nama Tledekan ini tergolong jenis burung ocehan yang lazim dipelihara orang-orang dan diikutkan dalam berbagai ajang perlombaan. Hanya saja, jenis burung Sikatan yang dipelihara biasanya berhabitat asli di wilayah hutan kita. Padahal ada juga jenis burung Sikatan rutin bermigrasi ke wilayah hutan kita tapi mempunyai suara kicauan yang tak kalah merdu dan nyaring. Karenanya, penulis pun coba mengenalkan salah satu di antaranya agar kita semua bisa lebih mengetahuinya. Dan nama burung Sikatan tersebut adalah burung Sikatan Mugimaki.

Burung Sikatan Mugimaki merupakan salah satu jenis burung migrasi yang berasal dari keluarga Muscicapidae. Area persebaran yang menjadi habitat aslinya untuk berkembangbiak berada di kawasan Siberia, Tiongkok, Mongolia, Rusia, Korea. Selain itu, saat habitat aslinya sedang akan memasuki musim dingin biasanya kawanan burung Sikatan Mugimaki pergi bermigrasi sementara waktu menuju ke negara-negara yang beriklim tropis ataupun sedang tidak dilanda hujan salju seperti bagian tenggara Tiongkok, Filipina, Indonesia, dan beberapa negera lainnya di Asia Tenggara. Selain itu juga, daerah di Indonesia yang dijadikan rumah sementara bagi burung Sikatan Mugimaki banyak terdapat di kawasan Sunda Besar hingga Sulawesi.
Burung Sikatan Mugimaki 
Disamping itu, biasanya saat berada di alam liar burung Ficedula Mugimaki yang dipanggil dalam bahasa latin ini bergerak secara sendirian atau dalam kelompok kecil. Biasanya jenis makanan yang disantapnya cukup bervariasi baik itu jangkrik, ulat, kroto, buah-buahan, dan juga hewan invetebrata selain serangga. Hanya saja, mengingat kawasan hutan Indonesia bukanlah menjadi habitat aslinya sehingga tidak diketahui pasti terkait waktu berkembangbiak dan jumlah telur yang dieraminya.
Baca juga:
Adapun ciri fisik burung Sikatan Mugimaki terlihat tidak jauh beda dari jenis burung Sikatan lainnya yang berukuran sekitar 13 cm saja. Selain itu, terdapat perbedaan corak warna yang cukup mencolok antara jantan dan betinanya yang penjelasannya sebagai berikut:
1. Burung Sikatan Mugimaki jantan:
  • Berwarna hitam agak kusam yang menutupi bagian atas tubuhnya seperti mahkota kepala, sisi wajah, punggung, sayap, dan ekornya.
  • Berwarna putih yang terlihat dibagian atas matanya berupa garis panjang, pangkal dan tengah sayap, area belakang perut, hingga ke tunggirnya.
  • Berwarna jingga tua yang tampak dibagian tenggorokan, dada, dan pangkal perutnya.
  • Matanya berwarna hitam kecokelatan yang berukuran sedang dengan sorot yang tidak terlalu tajam.
  • Paruhnya berwarna hitam yang berukuran sedang dan terlihat agak tebal.
  • Kakinya berwarna hitam kecokelatan berukuran sedang dengan cakar yang tajam.

2. Burung Sikatan Mugimaki betina:
  • Berwarna cokelat kusam yang tampak dibagian mahkota kepala, sisi wajah, tengkuk, punggung, sayap, dan ekornya.
  • Berwarna jingga tua yang terdapat dibagian tenggorokan, dada, dan perutnya.
  • Berwarna putih polos yang hanya tampak dibagian perut dan tunggirnya saja.
Nah, setelah membicarakan karakter fisik burung Sikatan Mugimaki maka kita pun perlu mengenal ciri suara kicauannya. Ya, suara burung Sikatan Mugimaki lumayan nyaring dengan adanya getaran yang cukup lembut terdengar di telinga. Volume kicauannya tidak terlalu tinggi dengan tempo yang agak cepat. Nada kicauannya berupa: “trrrr...trrrr” yang diselingi dengan suara: “tii....tiii” secara terus-menerus dalam durasi sekitar setengah menitan.

Yup, walaupun burung Sikatan Mugimaki bukan burung penetap di wilayah hutan Indonesia tapi suara kicauannya juga terdengar lumayan merdu dan nyaring. Akan tetapi bagi yang tertarik untuk memeliharanya tentu cukup kesulitan memperolehnya dikarenakan keberadaannya cukup jarang terlihat di pasar burung ocehan. Karenanya Anda pun bisa mengunduh audio suaranya yang tersedia di internet. Terimakasih.

Referensi Tulisan:
http://www.kutilang.or.id/2013/03/12/sikatan-mugimaki/
https://www.hbw.com/species/mugimaki-flycatcher-ficedula-mugimaki
https://omkicau.com/2014/06/22/sikatan-mugimaki-si-mungil-yang-membuat-penasaran-kicaumania/

Referensi Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Ficedula_mugimaki_2_-_Khao_Yai.jpg

5 comments

  1. Ditunggu rekaman suaranya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk suara kicauannya gan, bisa didengar atau diunduh dari link sumber tulisan.

      Delete
  2. Wah hebaat ya .. burung dengan fisik kecil ini berkemampuan migrasi ke lintas negara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas, burung migrasi yang sering datang ke indonesia memang ukuran tubuhnya antara kecil sampai sedang.

      Delete
  3. Maaf master mau bertanya klo burung kaya gitu makan buah apa j yah?

    ReplyDelete