Monday, May 14, 2018

Lebih Dekat Mengenal Keindahan Burung Munguk Loreng

Berbicara tentang jenis burung ocehan umumnya mengupas tentang keindahan kualitas suara kicauannya saja. Hal ini dirasa wajar sebab tanpa memiliki suara kicauan yang merdu dan nyaring tentunya tidak akan dilirik oleh para penghobies untuk dipelihara maupun diikutkan dalam perlombaan. Tapi kita juga perlu mengulik terkait keindahan corak dan warna bulu-bulunya. Sebab banyak juga di antara jenis burung ocehan yang memiliki keindahan corak warna yang masih belum terlalu dikenal para penghobies. Untuk itu penulis pun coba mengenalkan salah satunya agar kita semuanya dapat semakin mengetahuinya. Dan nama burung ocehan tersebut adalah burung Munguk Loreng.

Burung Munguk Loreng tergolong salah satu dari empat jenis burung ocehan yang berasal dari keluarga Sittidae. Area persebarannya diketahui hanya terbatas di kawasan Asia Tenggara yang meliputi negara Thailand, Malyasia, dan Indonesia saja. Daerah di Indonesia yang ditinggalinya pun hanya terfokus di wilayah Pulau Sumatera dan Jawa (mulai barat sampai timur). Mungkin terbatasnya area persebaran burung Munguk Loreng turut membuatnya tidak terlalu dikenal luas para penghobies.
Burung Munguk Loreng
Nah, area alam liar yang dijadikannya tempat tinggalnya umumnya terdapat di kawasan dataran tinggi dengan rentang ketinggian berkisar 900 sampai 2400 meter dpl. Begitu juga dengan area hutan yang menjadi habitatnya berada cukup jauh dari pemukiman masyarakat berupa hutan primer, hutan sekunder, dan hutan pegunungan. Kebiasaannya saat mencari makanan seringnya bergerak secara berkelompok dan terkadang bergabung bersama jenis burung ocehan lainnya yang terdapat dibagian hutan sub pegunungan. Santapan rutin yang dimakannya biasanya berupa serangga yang berukuran kecil seperti jangkrik maupun larva serangga.
Baca juga:
Sedangkan ukuran tubuh burung Sitta Azurea ini lumayan kecil mirip ukuran fisik burung Kacamata dan Sikatan yang panjangnya hanya sekitar 13 cm saja. Dan ciri fisik lainnya bisa dibaca uraiannya di bawah ini:
  1. Berwarna hitam pekat yang tampak dibagian mahkota kepala, sisi pangkal wajah, garis-garis terluar dibagian sayap, dan tunggirnya.
  2. Berwarna biru tua kehitaman terlihat dibagian tengkuk, punggung, dan sisi perut dekat bawah sayapnya.
  3. Berwarna biru muda yang menutupi keseluruhan bagian sayap dan ekornya.
  4. Warna putih tampak jelas dibagian lingkaran matanya, tenggorokan, dada, dan perutnya.
  5. Matanya yang berwarna hitam dengan corak putih dibagian irisnya terlihat berukuran sedang.
  6. Paruhnya berwarna putih kehitaman berukuran agak panjang dan terlihat agak tebal.
  7. Lalu kakinya yang berwarna kehitaman berukuran sedang dengan cakar yang tajam.
Ciri kicauan burung Munguk Loreng terdengar tak kalah merdu dan nyaring dibandingkan jenis burung ocehan lainnya. Bunyi kicauannya tergolong cukup tinggi dengan tempo yang lumayan rapat. Suara kicauannya terdengar seperti suara tembakan yang beruntut dan padat dan diulangi secara terus-menerus. Walaupun tempo cukup rapat tapi irama kicauanya lumayan stabil dengan nada naik-turun yang dibunyikan secara beraturan.

Begitulah kiranya penjelasan seputar burung Munguk Loreng yang tidak hanya pandai berkicau tapi juga memiliki corak warna bulu yang indah. Tentunya keindahan corak warna burung Munguk Loreng tidak banyak dimiliki jenis burung ocehan lainnya. Untuk itu ada baiknya memang kita tidak perlu menangkapnya di alam liar agar kelestariannya tetap terjaga. Dan bila tertarik dengan suara kicauannya maka bisa mencarinya di internet yang nantinya bisa dipergunakan untuk melatih burung lain agar suara kicauannya lebih bervariasi terdengar lantang.

Referensi Tulisan:
http://www.kutilang.or.id/2012/05/07/munguk-loreng/
https://www.hbw.com/species/blue-nuthatch-sitta-azurea
http://bio.undip.ac.id/sbw/spesies/sp_munguk_loreng.htm

Referensi Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Blue_Nuthatch_-_Cibodas_Botanical_Garden,_Java,_Indonesia.jpg

0 komentar:

Post a Comment