Saturday, May 12, 2018

Ragam Manfaat Sayur Kangkung Untuk Burung Ocehan

Berbicara tentang sayur kangkung mungkin tidak ada di antara kita yang belum pernah melihat dan memakannya. Ya, sayur Kangkung memang salah satu jenis sayuran yang cukup sering dikonsumsi orang banyak diberbagai daerah. Biasanya sayur Kangkung yang banyak dinikmati orang-orang diolah dengan cara ditumis yang rasanya cukup pedas. Walaupun demikian ternyata sayuran kangkung juga bisa dijadikan sebagai pakan tambahan bagi burung ocehan yang mengandung beragam nutrisi dan manfaat. Untuk itu Anda pun dapat mengetahuinya lebih lanjut dengan membaca artikel ini sampai tuntas. Okey.

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang keberadaannya cukup umum ditemukan disekitar kita yang tidak jauh dari aliran air dangkal. Tanaman yang daunnya berukura
n panjang ini tumbuh menjalar dengan area persebaran tidak hanya terdapat di Indonesia tapi juga dapat ditemukan diberbagai negara lainnya di Asia maupun Eropa. Dikatakan pada paragraf awal bahwa orang-orang yang biasanya memakan sayur kangkung diolah terlebih dahulu dengan menumis atau dikenal dengan istilah cah kangkung. Tapi terkadang juga ada yang merebusnya dan menjadikan sebagai bahan campuran pembuatan pecel ataupun urap.
Sayuran Kangkung
Disamping memiliki rasa yang enak ternyata tanaman Kangkung mengandung beragam nutrisi yang baik bagi tubuh kita. Kandungan nutrisi tersebut terdiri dari protein, energi, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium, zat besi, dan vitamin (A, B1, dan C). Tentunya kita tidak hanya cukup mengetahui nutrisinya saja tapi juga perlu mengupas manfaat atau khasiatnya bagi kesehatan kita yang ternyata juga cukup bervariasi seperti menjaga agar tidak mudah terkena anemia, mencegah terjadi mimisa, menjadi obat agar tidak insomnia, dan menjaga sistem pencernaan dalam tubuh.
Baca juga:
Nah, tentunya khasiat tanaman Kangkung juga bisa meresap ke dalam tubuh burung ocehan yang mengkonsumsinya. Sebab tanaman kangkung menjadi salah satu jenis sayuran yang bisa diberikan sebagai pakan tambahannya. Hanya saja, jenis burung ocehan yang umumnya memakan sayuran kangkung cukup terbtas dikalangan Lovebird dan Kenari saja. Selain itu, khasiat sayur kangkung yang dapat dirasakan burung ocehan cukup bervariasi yang meliputi:

  • Mampu meningkatkan birahinya tapi dalam kondisi terkendali sehingga burung ocehan tidak terlalu aktif bergerak dan berkicau.
  • Memperlancar sistem pencernaannya.
  • Berguna untuk menetralisir racun yang terdapat dalam tubuh sehingga tidak sampai menjadi penyakit.
  • Mempercepat penghentian pendarahan.
  • Menjaga staminanya agar tidak cepah lelah saat aktif bergerak dan mengeluarkan suara kicauannya.
  • Dan mampu membentuk telur yang dihasilkan burung betina tampak lebih berkualitas dan memperkecil tingkat gagal menetas atau kecacatan anakannya.

Begitu juga dengan pemberian Kangkung untuk burung ocehan sebaiknya dibeli langsung dari pasar tradisional ataupun modern yang kondisinya masih muda. Bagian kangkung yang diberikan pun hanya area daunnya masih berwarna hijau. Daun kangkung tersebut dapat dicuci terlebih dahulu sampai tidak ditemukan lagi sisa tanah ataupun ulat yang menempel dibalik celah daun dan sisi batangnya. Pemberiannya pun sebaiknya dilakukan sekitar dua atau tiga kali dalam seminggu dengan mencampurnya bersama jenis sayuran lainnya agar burung tidak bosan memakannya. Hanya saja, jika Anda ingin menternak atau mem-breeding burung Lovebird maka sayur kangkung bisa diberikan sering-sering agar kualitas telurnya bagus. Okey.

Referensi Tulisan:
https://omkicau.com/2013/05/05/nutrisi-dan-manfaat-kangkung-untuk-lovebird/
http://www.tipsburung.com/2016/08/manfaat-kangkung-untuk-burung-love-bird.html
http://8villages.com/full/petani/article/id/58ce1bf67349a2dc13451af5
https://id.wikipedia.org/wiki/Kangkung

Referensi Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Ong_choy_water_spinach.png

1 comment

  1. Kok khasiat kangkung antara burung sama kita beda ya mas? Terutama butir pertama tuh. Burung konsumsi kangkung bisa gitu, lah kalo kita mah kriyep-kriyep ini mata, efeknya jadi ngantuk 😀

    ReplyDelete