Sunday, December 3, 2017

Ragam Manfaat Buah Pepaya Bagi Burung Ocehan

Jenis pakan untuk burung ocehan yang berasal dari buah-buahan terhitung lumayan banyak dengan bentuk yang berbeda-beda. Masing-masing dari buah-buahan yang diberikan kepada burung ocehan memiliki ragam khasiat atau manfaat yang tak sama tapi sama baiknya untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Selain itu, jenis buah-buahan yang sudah sangat umum diberikan untuk beragam jenis burung ocehan biasanya tidak terlalu banyak yang diantaranya adalah buah pisang ataupun buah pepaya. Tapi pada artikel ini hanya menjelaskan terkait buah Pepaya yang sudah lama dikenal sebagai pakan harian untuk burung ocehan. Adapun ulasannya dapat dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Buah Pepaya merupakan salah satu jenis buah-buahan yang cukup digemari orang-orang diseluruh daerah di Indonesia. Alasan orang-orang banyak mengkonsumsi buah Pepaya disebabkan rasanya yang manis dengan tekstur daging yang lembut. Selain itu, buah yang dulunya berasal dari Meksiko ini dapat diolah menjadi beragam jenis makanan, minuman, dan sayur. Apalagi buah Pepaya tidak terlalu sulit mendapatkannya dengan hanya cukup mendatangi pasar tradisional dan modern.
Gambar: Buah Pepaya untuk Burung Ocehan
Disamping banyaknya yang menyukai buah Pepaya perlu diketahui juga nutrisi yang terkandung dalam buah ini. Ragam nutrisi yang ada pada buah Pepaya tergolong lumayan banyak yang di antaranya adalah Vitamin (A, B, E, dan K), Folat, Magnesium, Tembaga, Beta Karoten, Kalsium, Kalium, dan Lycopene. Selain itu, orang-orang yang memakan buah Pepaya akan memperoleh beragam manfaat yang belum tentu ada pada buah-buahan lain. Adapun manfaat tersebut adalah menjaga sistem kekebalan tubuh, menjadi anti inflamasi, menjaga kesehatan tulang, memperlancar sistem pencernaan, dan berguna mengurangi berat badan.

Walaupun buah Pepaya sangat baik dikonsumsi oleh kita tapi juga bisa dijadikan sebagai pakan untuk burung ocehan. Pemberian buah Pepaya untuk disantap burung ocehan sebenarnya sudah sejak lama diketahui dan banyak yang telah menerapkannya. Hal ini dikarenakan buah Pepaya sangat berguna untuk menurunkan birahi burung ocehan yang sedang tinggi. Selain itu, burung ocehan yang menyantap buah yang tekstur dagingnya berwarna oranye ini berperan dalam menjaga kesehatan tulang, memproteksi tubuh agar tidak mudah terkena penyakt, dan berguna untuk memperlancar sistem pencernaannya.

Adapun jenis burung ocehan yang bisa memakan buah Pepaya sebenarnya tidak hanya pemakan tumbuhan atau herbivora tapi juga dapat diberikan kepada burung pemakan serangga. Hanya saja, kebanyakan jenis burung ocehan yang hendak memakan buah Pepaya berasal dari burung pemakan tumbuhan seperti Pleci, Lovebird, Pancawarna, Cucak Ijo, dan Cucak Jenggot. Akan tetapi agar burung pemakan serangga pun berkeinginan memakan Pepaya maka dapat dilakukan secara perlahan hingga akhirnya mau menyantapnya dalam ukuran yang cukup banyak.

Pemberian buah yang bernama latin Carica Papaya ini untuk burung ocehan bisa disajikan tiga kali dalam seminggu. Pepaya yang diberikan pun sebaiknya yang sudah matang dengan kulit berwarna oranye kehijauan dan daging buahnya sudah berwarna oranye. Cara penyajiannya pun dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti memotongnya dengan ukuran yang agak sedang dan disangkutkan dibagian tengah atau pinggir sangkar. Cara lainnya bisa memotongnya dengan ukuran kecil dan diletakkan ke dalam cepuk pakannya. Tapi ada baiknya sebelum diberikan dapat mengupas kulit dan mencucinya terlebih dahulu menggunakan air bersih. Selain itu, bila Pepaya yang ada di sangkar sudah mengalami perubahan warna dengan tampak membusuk maka ada baiknya menggantinya dengan buah yang baru. Tujuannya supaya burung ocehan yang menyantapnya tetap merasakan khasiat atau manfaatnya dan tidak terkena penyakit. Okey.

Referensi Tulisan:
http://www.mediaronggolawe.com/buah-pepaya-buah-yang-berkhasiat-bagi-burung-ocehan.html
https://manfaat.co.id/12-manfaat-buah-pepaya-untuk-kesehatan-dan-kecantikan
https://id.wikipedia.org/wiki/Pepaya

Referensi Gambar:
https://pixabay.com/en/papaya-tropical-fruit-pawpaw-ripe-771145/

0 komentar:

Post a Comment