Tuesday, January 3, 2017

Mengenal Murai Batu Jambi

Ketenaran burung Murai Batu yang ada di masyarakat khususnya daerah Pulau Jawa selalu didominasi burung Murai Batu asal Sumatera. Ini terbukti dari berbagai ajang kontes burung ocehan selalu diikuti oleh burung Murai Batu asal Sumatera seperti Murai Batu ekor hitam, Murai Batu Medan, Murai Batu Lampung, dan Murai Batu Jambi. Harga dari setiap jenis Murai Batu asal Sumatera itupun terbilang mahal sekitar satu sampai puluhan juta rupiah. Akan tetapi dari semua jenis burung Murai Batu asal Sumatera tersebut terdapat satu jenis yang kurang populer dikalangan kicaumania. Adapun jenis burung Murai Batu tersebut adalah Murai Batu Jambi.

Burung Murai Batu Jambi tergolong jenis Murai Batu yang mempunyai kebolehan tak kalah hebat dari jenis MB lainnya. Ini terlihat beberapa kicaumania yang memberanikan diri memelihara burung Murai Batu Jambi ternyata berhasil memenangkan ragam perlombaan kontes burung kicauan. Selain itu secara bentuk fsiknya tidak terlalu berbeda dengan jenis MB lainnya seperti ukuran tubuhnya tergolong sedang atau tidak terlalu kecil dengan panjang ekor sekitar 16 cm. Bulu burung Murai Batu didominasi warna hitam yang tampak dibagian kepala, tengkuk, dagu, sayap, dan ekor dibagian atasnya. Sedangkan dada sampai pangkal ekornya berwarna cokelat kemerahan. Bulu ekor burung Murai Batu Jambi terlihat berwarna putih dibagian bawahnya.
Gambar: Burung Murai Batu Jambi
Di daerah asalnya sendiri burung Murai Batu Jambi tersebar di hutan yang ada di kawasan Jambi sendiri dan daerah sekitarnya seperti Sumatera Selatan dan Bengkulu. Luasnya daerah penyebaran burung Murai Batu Jambi membuatnya dibagikan atas dua jenis yakni MB Jambi dataran tinggi dan rawa yang notabene hidup di dataran rendah. Adanya perbedaan jenis untuk Murai Batu Jambi juga terlihat dari perbedaan ekornya yang satu agak melengkung dan satunya lagi tumbuh lurus memanjang. 

Sama halnya dengan pakannya bahwa burung Murai Batu Jambi menyantap pakan berupa serangga kecil semisal jangkrik, belalang, kroto, dan ikan-ikan kecil. Sewaktu merawat burung MB Jambi juga tidak terlalu ribet dengan menjaga kebersihan sangkarnya setiap hari, menyediakan keramba di sangkar atau kandang untuknya mandi, menjemurnya setiap pagi dan sore hari, dan menyiapkan pakan bergizi disertakan multivitamin tambahan. Begitu juga dengan sifat atau karakternya yang terkenal sebagai burung yang agresif terhadap burung lainnya. Adanya sifat agresif tersebut tentunya menandakan burung Murai Batu Jambi tergolong burung tipe petarung dan rajin bunyi atau gacor. Hal ini pulalah yang menjadi daya tarik bagi para pecinta burung Murai Batu yang lebih suka dengan burung yang berkarakter berani dan mudah berbunyi.

Begitu apiknya burung Murai Batu Jambi dengan membaca ciri fisik dan karakternya ternyata tidak jauh berbeda dari burung MB lainnya di tanah Sumatera. Tentunya membuat kita tahu bahwa burung Murai Batu Jambi pun tertanya punya potensi untuk berlaga dalam menghadapi burung ocehan sejenis ataupun berbeda. Karenanya bila Anda tertarik dengan burung Murai Batu Jambi tak salah memilihnya sebagai burung peliharaan kesayangan Anda. Oke. 

Sumber Tulisan:
http://www.muraibatu.link/2016/07/tentang-murai-batu-jambi.html
http://www.burungmaster.com/2016/04/Murai-batu-lahat.html

Sumber Gambar;
http://muraibatujambi.blogspot.co.id/2011/05/burung-murai-batu-jambi.html

0 komentar:

Post a Comment