Tuesday, January 3, 2017

Dua Kisah Tragis Anak yang Menggemparkan Dunia, Siapa Saja?

Kisah tragis terkadang bisa menimpa siapapun dan dimanapun tempatnya tanpa memilih-milih. Tragisnya kisah kadang banyak orang tidak mengetahuinya apalagi bila tempat kejadiannya di daerah yang sangat terpencil dan sedang menghadapi konflik berkepanjangan. Banyaknya kisah-kisah hidup manusia yang amat tragis ternyata juga dirasakan oleh kedua anak ini yang sempat menjadi viral di dunia maya dan menimbulkan rasa empati. Malangnya nasib kedua anak ini membuat siapapun yang membaca kisahnya bahkan sampai menitikkan air mata. Adapun cerita tragis kedua anak tersebut adalah:

1. Gadis kecil kelaparan dari Sudan
Gambar I: Potret seorang gadis kecil yang kelaparan di Sudan
Pada tahun 1993, fotografer dari Afrika Selatan yang bernama Kevin Carter mengabadikan seorang anak kecil bertubuh sangat kurus yang tidak mengenakan pakaian apapun di badannya sedang dalam kondisi kelaparan di Sudan. Gadis kecil yang tidak diketahui namanya itu tampak didekati oleh burung Hering atau pemakan bangkai. Disebutkan bahwa ketika itu negara yang Sudan tempat gadis malang itu tinggal sedang menghadapi konflik berkepanjangan dan dampaknya menimbulkan kelaparan disana. Akibatnya gadis berkulit hitam itupun menjadi bagian korban perang yang sedang menghadapi kelaparan hebat. Kisah tragis kelaparan yang diabadikan oleh Carter dengan lensa kameranya telah berhasil membuat orang dari seluruh dunia bertanya dengan rasa iba tentang nasib gadis malang tersebut bahkan sampai saat ini. Apalagi foto yang berhasil dimuat majalah New York Times membuat kehidupan sang fotografer mendapat tekanan mental yang berujung dengan mengakhiri hidupnya sendiri. Walaupun itu semua masih menyisahkan tanda tanya tentang kebenaran kematiannya.

2. Kisah Omran Daqneesh, Anak Korban Perang dari Suriah
    Gambar II: Potret Omran Daqness sebagai korban perang di Suriah
Kisah pilu selanjutnya hadir dari Suriah yang sampai sekarang ini masih dilanda konflik peperangan. Korban perang tidak hanya berasal dari orang dewasa akan tetapi anak-anak pun banyak yang jadi korbannya. Salah satunya adalah Omran Daqnesh. Kehadiran foto Omran Daqnesh yang tersebar di dunia maya sempat menggembarkan para netizen di seluruh negara termasuk Indonesia akan nasib tragis yang menimpanya. Terlihat pada foto yang beredar di bulan Agustus 2016 tampak kondisi Omran diselimuti debu dengan baju yang terkena percikan darah. Pada foto itu Omran sedang memegang kepalanya yang lagi terluka dengan raut wajah yang tidak mengekspresikan apapun. Tentunya yang dirasakannya adalah sedih, ketakutan, kebingungan, dan kesakitan. 

Tragisnya kisah yang menimpa dua anak suci tak berdosa itu mungkin dapat menggambarkan pada kita bahwa peperangan bukan mendatangkan kebahagian tapi penderitaan. Siapapun itu termasuk kita yang diharapkan pada dunia ini: bisa hidup rukun dan damai.

Sumber Gambar:
1. http://all-that-is-interesting.com/wordpress/wp-content/uploads/2014/08/kevin-carter-vulture.jpg
2. http://static.noticiasdealava.com/images/2016/08/18/omran_16519_1.jpg

2 comments

  1. Mengingatkan saya akan bersyukur dalam hidup. Sangat menginspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mas, semoga Indonesia sampai kapan pun tidak lagi dilanda peperangan.

      Delete