Tuesday, May 29, 2018

Cinenen Pisang, Si Burung Ocehan Mungil yang Bersuara Merdu

Jenis burung Cinenen yang tergolong ke dalam keluarga Sylviidae dikenal sebagai burung ocehan yang lumayan merdu dan nyaring. Hal ini diketahui dari mulai adanya yang berminat memelihara jenis burung Cinenen yang juga dimanfaatkan untuk memaster atau memancing agar burung ocehan lain lebih rajin berkicau. Selain itu, jenis burung Cinenen yang tersebar di wilayah hutan Indonesia tergolong lumayan banyak yang mencapai enam jenis dengan ukuran rata-rata cukup kecil atau mungil. Dan pada tulisan ini coba mengenalkan salah satu di antaranya agar kita semakin mengetahuinya. Adapun nama burung Cinenen tersebut adalah burung Cinenen Pisang.

Burung Cinenen Pisang merupakan salah satu jenis burung Cinenen yang area persebarannya lumayan luas yang terdapat diberbagai kawasan Asia. Negara-negara yang menjadi habitat bagi burung Cinenen Pisang terdiri dari negara Pakistan, India, Sri Lanka, Nepal, Myanmar, Bhutan, Bangladesh, Tiongkok, Laos, Vietnam, Thailand, Kamboja, Malaysia, dan Indonesia. Walaupun area persebarannya cukup luas tapi keberadaannya di wilayah hutan Indonesia hanya terdapat di Pulau Jawa saja. Mungkin karena itulah masih banyak di antara kita yang belum mengenal ataupun pernah melihatnya secara langsung di alam liar.
Burung Cinenen Pisang
Sedangkan keberadaan burung Cinenen Pisang yang terdapat di Indonesia banyak tersebar di area dataran tinggi dengan ketinggian mencapai 1500 meter dpl. Area alam liar yang menjadi rumahnya tergolong cukup luas yang meliputi hutan sekunder, hutan terbuka, dan pekarangan yang tidak jauh dari tempat tinggal masyarakat. Karakternya dikenal cukup aktif bergerak diantara semak belukar dan rimbunnya pepohonan. Biasanya jenis makanan yang rutin disantapnya berupa kroto serangga, ulat, jangkrik, kumbang, dan tempayak. Selain itu, burung Cinenen Pisang melakukan perkawinan berlangsung sekitar bulan April, September, dan Januari dengan jumlah telur sekitar tiga butir.
Baca juga:
Adapun ciri fisik burung Orthotomus sutorius yang dipanggil dalam bahasa latin ini lumayan kecil dengan panjang hanya mencapai 10 cm saja. Selain itu, ciri fisik lainnya bisa dibaca ulasannya dibawah ini:

  1. Berwarna merah karat tua yang hanya terdapat dibagian mahkota kepalanya. Pada bagian mahkota kepalanya ditumbuhi bulu-bulu tebal yang berukuran agak panjang.
  2. Berwarna hijau zaitun kecokelatan yang tampak dibagian punggung, sayap, dan ekornya.
  3. Berwarna abu-abu kusam yang terlihat mendominasi bagian tubuhnya seperti sisi wajah, tenggorokan, dada, perut, hingga tunggirnya.
  4. Matanya yang berwarna hitam kecokelatan berukuran sedang dengan sorot yang agak tajam.
  5. Paruhnya yang berwarna merah muda berukuran sedang dan terlihat agak tebal.
  6. Ekornya yang berwarna hijau zaitun berukuran agak panjang yang terdiri dari beberapa helai bulu yang agak lebar.
  7. Lalu kakinya yang berwarna merah muda berukuran sedang dengan cakar yang tajam.

Nah, setelah membahas tentang karakter fisik burung Cinenen Pisang maka kita juga perlu mengenal terkait ciri suara kicauannya. Ya, suara burung Cinenen Pisang tergolong nyaring dan agak melengking di telinga. Volume kicauannya juga lumayan tinggi dengan tempo yang cukup rapat atau terdengar seperti suara crecetan. Nada kicauannya berupa “te...ciii..tee...ciii” “ciuu....ciiuuu...ciuu” dan “tekk....tekkk” yang dibunyikan secara berulang-ulang dengan durasi di atas satu menitan.

Okey, begitulah penjelasan tentang burung Cinenen Pisang yang habitatnya hanya terdapat di wilayah Pulau Jawa saja. Untuk itu, agar kelestariannya tidak tertanggu di alam liar maka ada baiknya kita memang tidak perlu memaksakan untuk memeliharanya dengan menangkap dari hutan. Dan bagi Anda yang tertarik dengan ciri kicaunnya maka dapat mengunduh audio suaranya yang ada di internet. Terimakasih.

Referensi Tulisan:
1. http://www.kutilang.or.id/2012/02/06/cinenen-pisang/
2. http://bio.undip.ac.id/sbw/spesies/sp_cinenen_pisang.htm
3. https://www.hbw.com/species/common-tailorbird-orthotomus-sutorius

Referensi Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Common_Tailorbird_(Orthotomus_sutorius)_in_Hyderabad,_AP_W_IMG_7561.jpg

0 komentar:

Post a Comment