Sunday, December 10, 2017

Meninting Kecil, Si Burung Ocehan Endemik yang Bersuara Nyaring

Berbicara tentang burung Meninting Kecil mungkin hanya sedikit dari kita yang mengenal ataupun pernah melihatnya secara langsung di alam liar. Hal ini pun terasa wajar sebab ras burung dari keluarga Turdidae ini memang sangat jarang sekali diperbincangkan dikalangan para penghobies di Indonesia. Padahal suara kicauan burung Meninting Kecil tergolong lumayan nyaring dan merud. Selain itu, sekilas corak warna bulunya tampak ada kemiripan dengan burung Kacer. Dan ditambah habitatnya hanya tersebar di wilayah hutan Indonesia saja. Karenanya penulis tertarik untuk menguliknya lebih dalam lagi agar kita semakin mengenalnya secara menyeluruh.

Ya, burung Meninting Kecil memiliki ukuran tubuh yang sebenarnya termasuk sedang dengan panjang sekitar 16 cm. Hanya saja dibanding kerabat dekatnya yang bernama burung Meninting Besar tampak ukuran tubuh keduanya memang berbeda agak jauh. Selain itu, area persebarannya hanya terbatas di wilayah hutan Indonesia dengan habitat di Pulau Sumatera dan Jawa saja. Di habitat aslinya biasanya burung Meninting Kecil mendiami area perbukitan atau pegunungan dengan rentang ketinggian antara 600 sampai 1800 meter di atas permukaan laut.
Gambar: Burung Meninting Kecil

Disamping itu, kehidupannya di alam liar seringnya tak pernah jauh dari aliran sungai yang banyak bebatuannya. Hampir seluruh aktivitasnya seharian akan dihabiskan dengan berada dekat aliran sungai baik untuk melompat, mandi, dan mencari makanannya. Jenis makanan yang setiap hari disantapnya disekitar aliran sungai berupa serangga kecil, siput, dan larva. Selain itu, cara burung Meninting Kecil dalam menangkap mangsanya dengan mencarinya disekitar aliran sungai dan setelah menemukannya langsung dipatuk menggunakan paruhnya yang agak tebal tersebut. Sarang yang dibangunnya pun diletakkan tak jauh dari aliran sungai yang dibuat menggunakan lumut atau serat. Waktu berkembangbiaknya biasanya terjadi di bulan Januari, April hingga Juni dengan jumlah telur yang dierami indukannya hanya sekitar dua butir saja.
Baca juga:  Lebih Dekat Mengenal Burung Meninting Besar
Nah, ciri fisik burung yang bernama latin Enicurus Velatus ini seperti yang disinggung para paragraf kedua memiliki ukuran sedang dengan panjang sekitar 16 cm saja. Adapun untuk ciri yang lainnya dapat disimak penjelasannya di bawah ini:
  1. Tubuhnya tampak diselimuti dengan tiga warna yakni hitam pekat, putih, dan cokelat tua.
  2. Warna hitam pekat terlihat menutupi sebagian besar tubuhnya mulai dari pipi, tenggorokan, sayap, punggung atas sampai tengah, dan ekornya.
  3. Warna putih terlihat dibagian dekat mata, wajah depan mata yang dekat paruh, dada, perut, tunggir, punggung bagian bawah, dan sisi ujung ekornya.
  4. Warna cokelat tua hanya terlihat menutupi mahkota kepala sampai pangkal tengkuknya.
  5. Paruhnya yang berwarna hitam berukuran sedang dan agak tebal.
  6. Ekornya bercabang dua dibagian arah ujungnya yang mirip garpu.
  7. Kakinya yang berwarna putih krim berukuran agak panjang dan tidak terlalu besar dengan kuku yang agak tajam.
Sedangkan bunyi kicauan burung Meninting Kecil terdengar nyaring dan agak melengking dengan volume yang tidak terlalu tinggi. Irama kicauannya bertempo cukup lambat dengan nada berupa siulan pelan. Tapi siulan burung yang corak warnanya mirip Kacer ini tidak terlalu bervariasi dengan suara yang selalu dibunyikannya berupa “hiii...tiii..tii”. Durasi kicauannya pun tidak terlalu lama hanya sektiar kuran dari tiga pulu detik.

Okey, demikian pembahasan khusus tentang burung Meninting Kecil yang merupakan burung endemik dengan corak warna yang sedikit menyerupai burung Kacer. Untuk itu dari membaca artikel ini mungkin bisa menambah wawasan kita terkait ragam jenis burung ocehan yang sangat jarang sekali diperbincangkan atau diperlombakan. Terimakasih.

Referensi Tulisan:
http://www.kutilang.or.id/2012/06/26/meninting-kecil/
http://bio.undip.ac.id/sbw/spesies/sp_meninting_kecil.htm

Referensi Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Sunda_Forktail_(Enicurus_velatus)_-_Flickr_-_Lip_Kee.jpg

0 komentar:

Post a Comment