Tuesday, October 17, 2017

Mengenal Wortel Sebagai Pakan Burung Ocehan

 Berbicara tentang jenis makanan burung ocehan yang berasal dari tumbuhan mungkin yang terbesit dibenak kita hanyalah pisang, pepaya, jeruk, ataupun sayur sawi. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang terdapat pada jenis pakan tersebut tergolong cukup banyak dan memberikan beragam khasiat yang baik menjaga kesehatan burung ocehan. Hanya saja, jenis pakan yang berasal dari tumbuhan untuk burung ocehan tergolong cukup banyak dengan kandungan nutrisi dan khasiat yang hampir sama. Dan salah satunya adalah tanaman Wortel.

Wortel termasuk salah satu jenis tanaman sayuran yang cukup banyak digemari orang-orang diberbagai negara termasuk Indonesia. Kegemaran orang-orang terhadap Wortel dikarenakan khasiatnya yang dapat menjaga kesehatan mata. Selain itu, orang-orang yang mengkonsumsi Wortel tidak hanya dengan memasakkan bersama jenis sayuran lainnya tapi juga bisa dimakan langsung ataupun di jus terlebih dahulu. Akan tetapi khasiat Wortel yang bisa dirasakan orang-orang sebenarnya cukup banyak yang di antaranya adalah mampu memperlama penuaan, menyehatkan kulit, mencegah stroke, menjaga kesehatan gigi dan gusi, mengatasi kolestrol, dan mengatasi sembelit di saluran pencernaan.
Gambar: Wortel
Adapun kandungan nutrisi yang perlu diketahui dari Wortel tergolong cukup banyak yang meliputi Vitamin (A, B1, B2, B3, B6, B9, dan C), Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Fosfor, Kalium, dan Sodium. Beragamnya kandungan nutrisi yang terdapat pada Wortel tentunya tidak hanya baik dikonsumsi manusia tapi juga beraneka jenis hewan termasuk di antaranya burung ocehan. Pemberian Wortel unutk dimakan burung ocehan sudah lama dikenal para penghobies yang berada di luar negeri maupun disini. Hal ini tak terlepas dari khasiat yang dimilikinya dapat membuat burung ocehan memiliki corak warna bulu yang semakin terang dan tidak mudah kusam. Selain itu, burung ocehan yang mengkonsumsi Wortel juga akan berkhasiat dalam menjaga kesehatan matanya agar tidak mudah sakit ataupun rabun yang dapat mengganggu penglihatannya.

Disamping itu, burung ocehan yang umumnya memakan Wortel biasanya adalah pemakan tumbuhan seperti Lovebird ataupun Kenari. Wortel yang disajikan tidak hanya diberikan secara langsung dengan memotongnya kecil-kecil terlebih dahulu. Akan tetapi cara pemberian tanaman berwarna oranye ini juga dapat dilakukan dengan memasaknya dahulu hingga kontur dagingnya terasa lebih lembut dan memudahkan burung mengunyahnya. Selain itu, agar burung ocehan tidak bosan mengkonsumsi Wortel sering-sering dapat mengubahnya menjadi tepung halus agar bisa dicampurkan dengan jenis pakan lain seperti voer. Hanya saja, sebelum memberikan Wortel secara langsung ataupun mengolahnya menjadi tepung ada baiknya dapat mencucinya hingga tidak ada serpihan tanah atau debu yang menempel dibagian kulitnya.

Yup, itulah ulasan terkait Wortel yang merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup banyak dikonsumsi orang-orang dan juga burung ocehan. Untuk itu dengan membaca artikel ini sampai tuntas dapat menambah wawasan terkait ragam jenis pakan yang bisa dikonsumsi burung ocehan. Karenanya bila Anda memiliki burung ocehan pemakan tumbuhan maka dapat diberikan Wortel baik itu sebagai pakan harian maupun tambahan yang dicampur bersama jenis buah ataupun sayuran lainnya. okey.

Referensi Tulisan:
http://www.budidayakenari.com/2015/04/manfaat-wortel-untuk-kenari.html
https://omkicau.com/2015/02/08/membuat-tepung-wortel-untuk-semua-jenis-burung-peliharaan/2/

Sumber Gambar:
https://pixabay.com/en/carrot-juice-juice-carrots-1623157/

0 komentar:

Post a Comment