Thursday, March 30, 2017

Tentang Burung Manyar Emas

Jenis burung Manyar sudah lama dikenal sebagai burung yang punya keterampilan dalam merias sangkarnya. Tampilan sangkar jenis burung Manyar tampak berukuran cukup besar dengan bentuk beraneka ragam seperti kendi ataupun corong. Biasanya sangkar yang dibangun oleh jenis burung Manyar disangkutkan pada ranting pohon dengan lubang masuk berada dibagian bawah sangkarnya. Selain itu umumnya jenis burung Manyar yang banyak dikenal orang-orang terdiri dari tiga jenis yakni burung Manyar Tempua, Manyar Jambul, dan Manyar Emas. Hanya saja pada artikel ini coba mengulas tentang jenis burung Manyar Emas saja.

Burung Manyar Emas merupakan salah satu jenis burung Manyar yang persebaran populasinya hanya terdapat di kawasan negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Hampir semua negara di Asia Tenggara meliputi Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, dan Indonesia. Di kawasan Indonesia kehadiran burung Manyar Emas hanya terdapat di daerah Sumatera dan jawa dengan menyukai habitat hidup berada di semak belukar dan rawa-rawa. Biasanya burung Manyar Emas suka bergerak dalam bentuk koloni atau beramai-ramai dengan jumlah besar baik untuk mencari makan ataupun hanya sekedar istirahat. Pakan yang biasanya disantap oleh burung Manyar Emas adalah biji-bijian seperti padi dan jenis biji-bijian lainnya.

Gambar: Burung Manyar Emas
Ploceus hypoxanthus yang menjadi nama latinnya tergolong mempunyai ukuran fisik yang lumayan kecil. Panjang tubuh burung Manyar hanya sekitar 15 cm dengan bentuk paruh yang berukuran agak besar dan pendek. Pendeknya paruh tersebut bertujuan untuk menghancurkan biji-bijian yang dimakannya dari alam liar. Secara umum hampir seluruh bagian tubuhnya berwarna kuning keemasan. Pada bagian muka tepatnya di area pipi yang berada dekat matanya tampak berwarna cokelat kehitaman. Punggung dan sayapnya terlihat berwarna cokelat sedikit kehitaman.

Tipikal burung Manyar Emas yang hidup di semak-semak terbilang cukup sulit dijumpai sebab suka berpindah-pindah untuk menghindar dari yang membahayakannya. Selain itu suara kicauan burung Manyar Emas terbilang amat indah dengan terdapat getaran yang bertempo panjang. Selain itu kicauannya tedengar cukup cepat seperti suara crecetan dan tembakan yang unik. Nada kicauannya pun bervolume lumayan tinggi dengan terdapat lengkingan suara yang tidak memekikan telinga. Karenanya jenis burung Manyar Emas ini cukup banyak digandrungi orang-orang untuk dipelihara dan dilatih agar mempunyai kicauan merdu dan memiliki crecetan.

Akan tetapi disaat sekarang ini keberadaan burung Manyar Emas ini semakin sulit ditemukan di alam liar. Alasannya adalah telah terjadi penyusutan jumlah yang mengakibatkan burung Manyar Emas agak susah dicari di alam liar. Karenanya status yang disematkan kepada burung Manyar Emas sudah mendekati terancam. Ini pun tak terlepas dari semakin banyaknya hutan yang menjadi habitat hidupnya yang rusak dan maraknya perburuan terhadap burung ini. Selain itu, masih sedikitnya orang-orang yang hendak membudidayakan burung Manyar Emas turut mempengaruhi turunnya jumlahnya di alam liar. Untuk sebaiknya bagi Anda yang tertarik dengan burung ini sebaiknya mencari di tempat pembudidaya bukan yang berasal dari hutan. Tujuannya agar populasinya secara perlahan dapat normal kembali agar tidak terancam punah.

Sumber Tulisan:
1. http://www.kutilang.or.id/2011/09/16/manyar-emas/

Sumber Gambar:
1. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/95/Asian_Golden_Weaver_-_Thailand_S4E4522_%2822861593231%29.jpg/800px-Asian_Golden_Weaver_-_Thailand_S4E4522_%2822861593231%29.jpg

0 komentar:

Post a Comment