Friday, January 6, 2017

Mengenal Burung Kutilang Emas

Sosok burung kutilang sebagai burung pengicau tergolong agak jarang dipelihara orang-orang. Alasannya selain sangat jarang sekali kompetisi burung pengicau dengan kategori khusus burung kutilang juga dianggap suara kicauan dari burung ini tidak begitu bervariasi atau cukup menoton. Alhasil tak banyak orang-orang mengetahui mengenai jenis burung kutilang  yang sebenarnya punya potensi untuk dijadikan burung masteran. Karenanya dalam artikel ini penulis mengulas mengenai salah satu jenis burung kutilang yang kurang begitu populer. Adapun namanya adalah burung Kutilang Emas.

Pycnonotus Melanicterus merupakan nama latin burung Kutilang Emas yang keberadaannya cukup banyak berada di wiliyah hutan Indonesia. Habitat burung Kutilang Emas terdapat di daerah Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali. Sewaktu berada di habitatnya biasanya burung berjambul ni akan tinggal di kawasan hutan hujan mulai daratan rendah sampai tinggi. Selain itu, burung ini tergolong tidak suka berpergiaan jauh atau bukan terkategori sebagai burung migrasi. Karenanya bila burung Kutilang Emas sudah mendiami suatu tempat maka ia tidak akan berpindah tempat kecuali habitatnya terancam atau dirusak.
Gambar: Burung Kutilang Emas

Burung Kutilang Emas memiliki ciri-ciri warna kuning keemasan dibagian bawah tubuhnya tepatnya pada bagian dada, perut, dan tunggirnya. Sayapnya berwarna hijau kekuningan dan disapu warna cokelat muda dibagian pundaknya. Pada bagian tenggorokannya terlihat warna kemerahan cerah dan warna hitam menutup seluruh kepalanya. Ukuran tubuh burung Kutilang Emas tergolong sedang atau sekitar 19 cm. Ekornya tumbuh agak panjang sekitar 8 cm dengan warna kuning kecokelatan. Tipikal burung Kutilang Emas dikenal sebagai burung pemalu atau jarang menunjukkan dirinya saat bertemu orang-orang di hutan. Sewaktu hidup di alam liar, burung Kutilang Emas sering bersembunyi dibalik daun pepohonan hutan untuk menghindarkan interaksi dengan sesuatu yang tidak dikenalnya.

Bagi para penghobi burung Kutilang Emas mungkin tidak asing dengan banyaknya nama yang disematkan kepada burung ini. Burung Kutilang Emas juga dipanggil Cucak Kuning, Tempuruk Kunyit, burung Lilin, dan Sakit Tuboh. Banyaknya nama atau panggilan yang dimiliki burung Kutilang Emas betapa memang spesies burung kutilang ini cukup tersohor di mata masyarakat hanya saja bukan sebagai burung pengicau. Saat berada di alam biasanya burung Kutilang Emas akan mencari makanan berupa buah-buahan dan ragam jenis serangga kecil untuk menjaga kualitas suaranya agar tetap merdu.

Ciri khas suara burung Kutilang Emas yang sering diketahui tidak banyak variasi atau cukup monoton saat berkicau. Walaupun variasi kicauannya tergolong sedikit warna kicauannya cukup enak didengar atau terbilang merdu. Karenanya tak khayal bagi pemelihara burung Kutilang Emas akan berusaha melatih kicauannya tetap terdengar merdu supaya dapat dijadikan burung masteran kepada burung ocehan lainnya seperti Murai Batu ataupun Lovebird. 

Nah, itulah sekelumit cerita tentang burung Kutilang Emas yang ternyata punya penampilan tak kalah bagus dibandingkan burung ocehan populer lainnya. Selain itu suara kicauannya pun sebenarnya amat merdu didengar hanya saja variasi kicauannya tergolong terbatas. Untuk itu, bagi Anda yang memelihara burung Kutilang Emas dapat melatihnya berkicau supaya variasi kicauannya sedikit bertambah agar dapat diikutkan pada ajang kontes burung kicauan bertanding dengan burung ocehan populer lainnya.

Sumber Tulisan:
http://www.kutilang.or.id/2011/11/26/cucak-kuning/
http://manukgacor.com/harga-burung-kutilang-emas/

Sumber Gambar: 
https://www.flickr.com/photos/lipkee/1543402250/in/photostream/

0 komentar:

Post a Comment