Wednesday, October 9, 2019

Burung-madu Pengantin, Si Burung Ocehan Mungil yang Bersuara Nyaring

Jenis burung-madu dikenal sebagai jenis burung ocehan yang tidak hanya dikenal memiliki corak warna bulu yang bervariasi dan mencolok tapi juga ukuran tubuhnya tergolong sangat kecil atau mungil. Selain itu, suara kicauannya dikenal cukup nyaring dan lumayan melengking di telinga. Apalagi jenis burung-madu yang tersebar di wilayah Indonesia tergolong banyak yang mencapai 16 jenis. Untuk itu pada tulisan ini coba mengenalkan salah satunya yang mungkin belum familiar bagi para pembaca sekalian. Adapun namanya adalah burung-madu Pengantin.

Burung-madu Pengantin merupakan salah satu jenis burung-madu yang berasal dari keluarga Nectariniidae. Keberadaannya di Indonesia diketahui hanya tersebar di kawasan Sunda Besar yang meliputi Sumatera, Kepulauan Natuna dibagian utara, Pulau Simeulue, Jawa, dan Kalimantan. Selain itu, area persebarannya juga terdapat dibanyak negara lainnya di kawasan Asia yang mencakup negara India, Bangladesh, Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Filipina, dan Malaysia. Luasnya area persebaran burung-madu Pengantin mungkin tak terlepas dari jumlah sub-spesiesnya yang mencapai sembilan jenis dengan tiga di antara nya terdapat di Indonesia.
Burung-madu Pengantin
Adapun kehidupan burung yang bernama latin Leptocoma Sperata ini banyak tersebar di dataran rendah dengan ketinggian hanya sekitar 200 meter di atas permukaan laut. Area dataran rendah yang ditempatinya tergolong cukup bervariasi mulai dari hutan mangrove, hutan dekat pantai, hutan di area dataran rendah, dan area perkebunan yang ada pepohonan dan bunga nya. Biasanya jenis makanan yang rutin disantapnya juga tak kalah beragam mulai dari nektar bunga, biji-bijian, buah-buahan segar, dan serangga yang banyak terdapat di area hutan. Saat memasuki musim kawin yang terjadi antara bulan Januari sampai Mei biasanya sang indukan akan membangun sarang yang bentuknya mirip kantung dengan menggunakan akar-akar, serat pohon, dan jaring laba-laba sebagai perekatnya. Jumlah telur yang mampu dierami indukannya bisa mencapai dua butir.

Sesuai dengan judulnya bahwa ukuran fisik burung-madu Pengantin tergolong sangat kecil atau mungil dengan panjang hanya sekitar 10 cm saja. Corak warna bulunya secara umum terlihat agak mencolok dan gelap yang terdiri dari warna hijau tua, ungu kehitaman metalik, cokelat tua, merah, biru, dan hitam. Warna hijau tua hanya terdapat dibagian atas mahkota kepala nya saja. Warna ungu kehitaman metalik tampak menutupi bagian keseluruhan bagian tenggorokan dan pangkal dadanya saja. Warna cokelat tua terlihat dibagian keseluruhan punggung dan sisi pangkal sayapnya. Warna merah tampak menutupi area dada, perut, hingga tunggirnya. Warna biru terlihat dibagian sisi pangkal sayap dan pangkal ekornya. Lalu warna hitam terdapat dibagian sisi wajah, sayap, sisi bawah perut, dan ekornya.

Ciri lainnya yang bisa kita kenali lebih jauh dari burung-madu Pengantin memiliki paruh berwarna hitam dan agak melengkung ke bawah dibagian ujungnya. Matanya yang berwarna hitam kecokelatan berukuran sedang dengan sorot yang terlihat agak tajam. Ekornya yang berwarna kehitaman berukuran sedang yang bulu-bulunya terlihat agak lebar. Lalu kakinya yang berwarna hitam berukuran sedang dengan kuku-kuku yang tajam.

Sedangkan ciri suara kicauan burung yang dipanggil dalam bahasa Inggris Purple-throated Sunbirds ini tergolong nyaring dan agak melengking di telinga. Nada suaranya berupa cicitan yang terdengar seperti: “ciii...ciii..ciiip” yang dibunyikan secara terus-menerus. Volume kicauannya terdengar cukup tajam dengan tempo sedang dan tergolong lumayan tajam.

Walaupun burung-madu Pengantin bukanlah tergolong jenis burung ocehan dilindungi tapi mengingat perannya cukup penting dalam penyerbukan tanaman di alam liar maka ada baiknya kita tidak perlu menangkap atau memeliharanya. Tujuannya agar kelestariannya di alam liar tetap terjaga dan aktivitas penyerbukan tanaman tidak sampai terganggu. Dan bagi Anda yang tertarik dengan ciri suara kicauannya maka bisa mengunduhnya dari internet. Okey.

Sumber Tulisan:
1) http://www.kutilang.or.id/2012/04/04/burung-madu-pengantin-2/
2) https://www.hbw.com/species/purple-throated-sunbird-leptocoma-sperata

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Leptocoma_sperata_(male)_-Singapore-8.jpg


0 komentar:

Post a Comment