Saturday, June 2, 2018

Kancilan Flores, Si Burung Ocehan Endemik yang Bersuara Merdu

Jenis burung Kancilan tergolong jenis burung ocehan yang sudah lazim dikenal orang-orang memiliki suara kicauan yang merdu. Kemerduan suara kicauannya terdengar tidak kalah menarik dibandingkan jenis burung ocehan yang sudah umum kita kenal selama ini. Selain itu, jenis pun yang terdapat di wilayah hutan Indonesia tergolong lumayan banyak dan beberapa di antara termasuk burung endemik yang keberadaannya tidak ditemukan di negara lain. Untuk itu penulis pun coba mengenalkan salah satu jenis burung Kancilan yang hanya berhabitat di Indonesia tapi memiliki kualitas suara kicauan yang merdu. Dan nama burung Kancilan tersebut adalah burung Kancilan Flores.

Burung Kancilan Flores merupakan salah satu jenis burung endemik yang berasal dari keluarga Pachycephalidae. Area persebarannya diketahui hanya tersebar di kawasan Nusa Tenggara Barat yang meliputi di daerah Sumbawa dan Flores. Selain itu, jumlah sub-spesiesnya pun tergolong sedikit yang terdiri dari dua jenis yakni ilsa dan nudigula. Mengingat terbatasnya area persebaran burung Kancilan Flores mungkin hal itu yang menyebabkan banyak yang belum pernah melihatnya.
Ilustrasi Burung Kancilan Flores
Disamping itu, biasanya burung Kancilan Flores tersebar di kawasan hutan perbukitan dengan rentang ketinggian 200 sampai 1730 meter dpl. Area alam liar yang dihuninya terletak cukup jauh dari pemukiman masyarakat seperti hutan primer, hutan sekunder, hutan basah, dan hutan pegunungan. Selain itu, jenis makanan yang rutin dicarinya berupa aneka serangga kecil dan termasuk laba-laba di dalamnya. Musim kawin yang dijalani burung Kancilan Flores terjadi sekitar bulan Mei hingga Juli tapi tidak diketahui secara pasti terkait jumlah telur dan bentuk sarangnya.
Baca juga:
Adapun ukuran fisik burung Pachycephala nudigula yang dipanggil dalam bahasa latin ini tidak terlalu besar dengan panjang hanya sekitar 19 cm saja. Selain itu, ciri fisik lainnya bisa dibaca ulasannya dibawah ini:

  1. Berwarna hitam yang tampak dibagian mahkota kepala, sisi wajah, pangkal tenggorokan, pangkal dada, dan ekornya. 
  2. Berwarna hijau tua zaitun yang menutupi bagian tengkuk, punggung, dan sayapnya.
  3. Berwarna merah tua yang hanya tampak dibagian tenggorokannya saja.
  4. Berwarna kuning tua zaitun tampak dibagian dada, perut, hingga tunggirnya.
  5. Matanya yang berwarna hitam kecokelatan berukuran sedang dengan sorot yang agak tajam.
  6. Paruhnya yang berwarna hitam juga berukuran sedang tapi saat berkicau mampu membuka paruh dengan ukuran yang lumayan lebar mirip burung Jalak.
  7. Ekornya berukuran sedang yang terdiri dari beberapa helai bulu yang tidak terlalu lebar.
  8. Lalu kakinya yang berwarna hitam kecokelatan berukuran sedang dengan cakar yang tajam.

Nah, setelah membicarakan karakter fisik burung Kancilan Flores maka kita pun juga perlu mengenali ciri suara kicauannya. Ya, suara burung Kancilan Flores lumayan nyaring dan agak melengking ditelinga. Volume kicauannya tidak terlalu tinggi dengan tempo yang cukup rapat tapi tidak sampai seperti suara crecetan. Nada kicauannya cukup berirama yang terdengar mirip suara cucuran air yang dibunyikan secara terus-menerus dengan durasi hingga hampir satu menitan. Walaupun demikian, suara kicauannya juga terdengar cukup lantang dan tajam.

Okey, tidak banyak lagi yang bisa dituliskan seputar burung Kancilan Flores yang berhabitat hanya di kawasan NTB saja. Selain itu dengan mendengar bunyi nyaring suara kicauannya maka di antara kita mungkin ada yang tertarik untuk memeliharanya. Hanya saja, keberadaannya di pasar burung ocehan tergolong masih sangat jarang maka solusinya tentu Anda dapat mengunduh audio suaranya yang tersedia di internet. Terimakasih.

Referensi Tulisan:
http://www.kutilang.or.id/2012/06/20/kancilan-flores/
https://www.hbw.com/species/bare-throated-whistler-pachycephala-nudigula

Referensi Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Lophozosterops_superciliaris,_Heleia_crassirostris_%26_Pachycephala_nudigula_1897.jpg

0 komentar:

Post a Comment