Monday, April 23, 2018

Ragam Manfaat Buah Apel Bagi Burung Ocehan

Jenis makanan yang biasanya diberikan kepada burung ocehan pemakan buah-buahan hanya terbatas dibeberapa jenis saja. Buah-buahan yang sering dijadikan pakan burung ocehan tersebut berupa buah pisang, pepaya, mangga, dan sawo. Padahal masih banyak jenis buah-buahan lainnya yang kualitasnya tak kalah bagus dalam menjaga kesehatan dan suara kicauan burung ocehan. Karenanya dalam artikel ini coba mengenalkan salah satu jenis buah-buahan untuk dijadikan pakan burung ocehan yang keberadaannya sudah sangat umum kita kenal dan bahkan pernah mengkonsumsinya. Adapun nama buah tersebut adalah buah Apel.

Ya, buah Apel merupakan salah satu jenis buah-buahan tertua yang sudah umum dikenal dan dikonsumsi banyak sejak ribuan tahun yang lalu. Terjadi simpang-siur terkait asal-usul daerah atau negara yang menjadi tempat awal buah Apel ini berada. Tapi terlepas dari itu, orang-orang dihampir seluruh penjuru Eropa sedari dulu sudah sering mengkonsumsi buah Apel baik dimakan langsung ataupun diolah menjadi minuman dan kue. Selain itu, dari berbagai cerita legenda dan mitologi yang terjadi di dataran Eropa hingga Yunani juga  memasukkan buah Apel ke dalam ceritanya.
Buah Apel Merah
Banyaknya orang-orang disaat dulu dan kini terus mengkonsumsi buah Apel tak terlepas dari rasanya yang manis dengan tingginya kandungan air di dalamnya. Begitu juga dengan nutrisi yang terdapat di dalamnya sangat beragam yang terdiri dari Vitamin (A, B12, B6, C, dan D), Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Kalori, Lemak Jenuh, Natrium, Kalium, dan Karbohidrat. Ragamnya kandungan nutri di buah Apel turut juga mempengaruhi khasiat atau manfaatnya yang tak kalah bervariasi sepert memperlancar kinerja usus halus, memperlancar saluran pernapasan, menjaga kesehatan mulut dan gigi, mencegah terkena kanker, berperan dalam menurunkan kolesterol, memperlancar sistem pencernaan, dan meningkatkan sisitem kekebalan tubuh kita.
Baca juga:
Sebenarnya buah Apel tidak hanya baik atau aman dikonsumsi oleh kita tapi juga bisa diberikan sebagai pakan tambahan bagi burung ocehan. Ya, menjadi buah Apel sebagai pakan burung ocehan sudah mulai banyak yang mencoba atau mempraktekkannya. Jenis burung ocehan yang paling mudah memakan buah Apel biasanya pemakan buah atau sayuran. Tapi bagi burung ocehan pemakan serangga juga bisa diberikan tentunya secara perlahan agar terbiasa menyantapnya.

Biasanya buah Apel yang dimakan burung ocehan terkadang diberikan secara langsung dengan terlebih dahulu mengupas kulit dan memotongnya sesuai ukuran yang kita butuhkan. Tapi bisa juga mengolah buah Apel dengan mencampurkannya bersama kroto. Yang diambil dari buah Apel bercampur kroto tersebut adalah bagian ampas hasil parutannya. Selain itu, buah Apel pun dapat juga dioleh menjadi minuman dengan merebusnya terlebih dahulu hingga mendidi lalu menggunakan air rebusan itu sebagai minum burung ocehan.

Sedangkan khasiat atau manfaat yang bisa dirasakan burung ocehan yang memakan buah Apel tergolong tak kalah beragam yang meliputi menjaga kualitas suara dan mendorongnya semakin rajin berkicau. Manfaat lainnya dapat menjaga staminanya agar tidak mudah lelah dan melindungi kesehatan sistem pencernaannya. Nah, bagaimana penjelasan seputar buah Apel yang bisa dijadikan pakan dan minum untuk burung ocehan tentunya menarik bukan? Apalagi ditambah buah Apel mengandung beragam nutrisi yang ternyata sangat baik bagi kesehatan burung ocehan yang menyantapnya. Jadi Anda pun bisa memasukkan buah Apel ke dalam daftar menu makanan burung ocehan kesayangan Anda di rumah.

Referensi Tulisan:
https://omkicau.com/2013/01/26/oplosan-apel-dan-kroto-untuk-menggacorkan-tledekan/
https://omkicau.com/2017/08/02/membuat-minuman-dari-buah-apel-untuk-burung-kicauan/
https://id.wikipedia.org/wiki/Apel
https://manfaat.co.id/manfaat-apel

Referensi Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Red_Apple.jpg

1 comment