Tuesday, September 19, 2017

Pentingnya Merawat Burung Cucak Hijau Agar Tampil Optimal Saat Lomba

Mengikuti perlombaan burung ocehan merupakan impian tersendiri bagi para pengobies burung Cucak Hijau untuk menonjolkan kelebihan burung peliharaannya. Sebab dengan mengikuti perlombaan tersebut maka burung Cucak Hijau yang tampil akan dikenal oleh para penghobies burung lainnya. Apalagi saat burung memenangi perlombaan dengan mendapat juara satu maka biasanya akan ada yang membelinya dengan harga mahal. Akan tetapi untuk memperoleh juara dalam perlombaan tentu burung Cucak Hijau diminta tampil optimal dengan mampu mengeluarkan kicauannya yang bervariasi, fisik dalam kondisi sehat, dan mental yang stabil. Karenanya, agar burung bisa tampil maksimal memang dibutuhkan perawatan yang tidak mudah.

Perawatan yang diberikan kepada burung Cucak Hijau agar tampil optimal saat mengikuti perlombaan perlu mencakup berbagai sisi seperti kicauan, pakan, kebersihan, dan tingkat birahinya. Selain itu burung Cucak Hijau yang dirawat tidak hanya berhenti pada satu atau minggu pertama tapi secara berkelanjutan walaupun perlombaan sudah selesai diikuti. Untuk itu pada artikel ini coba menguraikan masing-masing perawatan yang dibutuhkan burung Cucak Hijau. Adapun penjelasannya dapat dibaca sebagai berikut:

1. Terkait dengan kicauannya
Agar kicauan burung Cucak Hijau terdengar merdu dan bervariasi dapat melatihnya dengan memperdengarkan suara kicauan dari burung sejenis dan burung lain. Dengan rutinnya burung Cucak Hijau dimaster memakai suara burung lain yang sudah mumpuni dapat menambah variasi kicauannya. Selain itu, bisa pula menggantangnya bersama burung lain atau sejenis yang dapat dilakukan beberapa kali dalam seminggu. Untuk itu, bila burung Cucak Hijau rajin dilatih kicauannya tidak hanya membuatnya memiliki suara bervariasi tapi juga mampu mengeluarkan gaya khasnya yang dapat berkicau sambil membuka paruhnya tanpa menutup. Gaya khas ini biasanya dikenal oleh para penghobies burung Cucak Hijau sebagai ngentrok.

2. Terkait dengan pakannya
Burung Cucak Hijau yang diikutkan berlomba dalam kontes burung ocehan perlu diberikan asupan nutrisi yang cukup. Sebab dengan diberikannya pakan yang mengandung banyak gizi tidak hanya menjaga burung terhindar dari penyakit tapi juga membantu tingkat kecerdasannya agar semakin berkembang dan memperhatankan staminanya agar tidam udah capai. Untuk itu burung Cucak Hijau dapat diberikan pakan yang berasal dari beraneka jenis buah-buahan dan juga serangga. Selain itu bisa pula ditambahkan dengan pemberian multvitamin yang banyak dijual di pasar burung ocehan.

3. Terkait dengan kebersihan
Menjaga kebersihan burung Cucak Hijau tidak hanya sebatas rutin memandikan dan menjemurnya saja. Tapi juga mesti rajin membersihkan sangkar dan tempat pakannya dengan mencuci memakai air dan juga deterjen. Selain itu, pakan yang diberikan kepada burung Cucak Hijau juga perlu diperhatikan kebersihannya dengan cara dicuci bersih ataupun mengupas kulit luarnya. Tujuan dari menjaga kebersihan ini agar burung Cucak Hijau tidak mudah terserang penyakit dari kuman ataupun bakteri yang banyak menempel pada tempat pakan ataupun di sela-sela sangkarnya. Manfaat lainnya mampu menjaga mentalnya agar tidak mudah stres sebab kondisi sangkar yang dipenuhi kotoran cenderung membuat burung mudah tertekan.

4. Terkait dengan tingkat birahinya
Merawat burung Cucak Hijau agar mampu tampil optimal saat mengikuti perlombaan perlu memperhatikan tingkat birahinya. Bila birahi burung sedang dalam kondisi meningkat ataupun menurun dapat menggangu performanya tampil. Biasanya birahi burung yang sedang tidak stabil dapat membuatnya berperilaku liar dengan menabrakkan dirinya ke jeruji sangkar. Selain itu, burung pun menjadi malas berkicau dengan hanya mengeluarkan suara ngeriwik seperti hendak kawin mencari pasangannya. Untuk itu, agar birahi burung Cucak Hijau tetap stabil dapat mengatur pemberian pakannya yang tidak terlalu banyak mengandung protein, menggantangnya di tempat tenang, dan bisa mengkerodong sangkarnya saat hendak istirahat.

Nah, itulah ulasan terkait perawatan yang perlu dilakukan kepada burung Cucak Hijau agar bisa tampil optimal saat mengikuti perlombaan. Semoga dengan membaca artikel ini sampai tuntas dapat membantu bagi para penghobies yang ingin burung Cucak Hijau kesayangannya bisa tampil optimal saat ikut kotes burung ocehan. Okey.

Sumber Tulisan:
1.    https://omkicau.com/2017/02/03/tips-menjaga-kondisi-burung-cucak-hijau-agar-tampil-maksimal/
2.    http://www.situsburung.com/cara-perawatan-cucak-ijo-gacor/

0 komentar:

Post a Comment