Tuesday, September 19, 2017

Mengenali Alasan Macet Bunyi Pada Burung Cucak Hijau

Burung Cucak Hijau termasuk jenis burung yang cukup pintar dalam menguasai berbagai suara kicauan burung lain. Selain itu, burung ini pun memiliki kemampuan mengeluarkan bunyi kicauannya yang bervariasi sambil membuka paruhnya tanpa menutupnya sama sekali. Kemampuan uniknya ini biasanya disebut dengan ngentrok yang menjadi ciri khas burung Cucak Hijau dalam berkicau. Walaupun burung yang tubuhnya berwarna hijau ini dikenal cukup piawai dalam berkicau bukan berarti ia tak mungkin terkena macet bunyi. Sebab burung Cucak Hijau tergolong tipe burung yang mudah mengalami macet bunyi.

Macet bunyi yang terjadi pada burung Cucak Hijau merupakan persoalan biasa yang juga menimpa burung ocehan lainnya. Biasanya burung Cucak Hijau yang sedang macet bunyi dapat menggangu performanya di lapangan dengan menunjukkan sikap hanya terbang naik turun tangkringan. Sekalipun ada kicauan yang keluar seringnya hanya berupa ngeriwik tanpa nada yang jelas. Selain itu, burung yang macet bunyi biasanya ada alasan yang mendorongnya tidak bisa mengeluarkan kicauan. Untuk itu, pada artikel ini coba dituliskan mengenai alasan yang membuat burung Cucak Hijau mengalami macet bunyi. Adapun penjelasan adalah sebagai berikut:

1. Adanya gangguan pada pernapasan
Alasan pertama yang membuat burung Cucak Hijau macet bunyi bisa disebabkan adanya gangguan pada pernapasannya. Gangguan pernapasan biasanya terjadi akibat serangan tungau kantung udara yang menginfeksi bagian saluran pernapasannya. Selain itu, bisa pula akibat pilek yang membuat suaranya sulit keluar seperti biasanya saat berkicau. Ciri-ciri burung Cucak Hijau yang sedang terganggu sistem pernapasannya dapat berupa adanya perubahan suara menjadi parau, volume suara yang lambat laun mengalami penurunan, dan hanya ngeriwik saja. Untuk itu sangat penting menjaga kebersihan sangkar dan memberikan kualitas pakan yang baik agar tubuh burung Cucak Hijau tetap sehat.

2. Adanya gangguan pencernaan
Salah satu alasan yang menjadikan burung Cucak Hijau mengalami macet bunyi dikarenakan adanya gangguan pada saluran pencernaannya. Ganguan ini disebabkan burung menyantap makanan yang kurang bersih atau masih terdapatnya kandungan pestisida dibagian kulit buahnya. Selain itu, bila burung terlalu banyak mengkonsumsi makanan juga bisa berdampak tidak baik bagi kesehatannya. Adanya gangguan pencernaan ini membuat burung Cucak Hijau tidak konsentrasi dalam berkicau dengan ditandai hanya berdiam diri di atas tangkringan saja.

3. Terkait dengan berat badan
Bila burung Cucak Hijau mengalami pertambahan berat badan drastis yang membuat penampilannya tampak gemuk maka hal tersebut perlu diwaspadai. Sebab burung akan mengalami perubahan sikap dibanding saat tubuhnya masih proporsional. Perubahan sikap tersebut membuatnya lebih suka bermalas-malasan di dalam sangkar dan mendorongnya menjadi sulit berkicau. Hal ini dikarenakan burung merasa kesulitan berdiri tegak dan terbang dengan kondisi tubuhnya yang kegemukan. Selain itu, banyaknya lemak yang menumpuk ditubuhnya membuat burung sulit mengeluarkan bunyi kicauan. Untuk itu, saat burung mengalami pertambahan berat badan drastis dapat dinormalkan dengan mengatur pola pakannya dengan memberikan belimbing atau mentimun. Bisa pula dengan rutin menjemur dan memasukkannya ke dalam sangkar umbaran agar burung aktif bergerak kembali.

4. Akibat over birahi
Alasan lainnya yang mendorong burung Cucak Hijau menjadi malas berkicau dan berujung macet bunyi dikarenakan adanya gangguan pada tingkat birahinya. Biasanya saat burung mengalami over birahi tidak hanya berdampak pada perubahan sikap yang cenderung akan garang atau giras baik kepada burung lain ataupun pemiliknya. Dampak lainnya juga membuat burung Cucak Hijau menjadi malas berkicau dengan hanya mengeluarkan bunyi kicauan ngeriwik untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Untuk itu agar birahinya dapat stabil bisa dengan mengurangi pemberian pakan yang mengandung banyak protein. Selain itu, dapat pula menjauhkannya sementara waktu dari burung lawan jenisnya.

Nah, itulah beberapa alasan yang biasanya membuat burung Cucak Hijau mengalami macet bunyi. Untuk itu dengan membaca artikel ini sampai tuntas dapat membantu para pembaca sekalian yang memiliki burung Cucak Hijau yang sedang macet bunyi agar bisa mengambil langkah yang tepat. Karenanya, dalam merawat burung Cucak Hijau agar kicauannya tetap stabil tidak hanya cukup melatihnya saja tapi juga mesti memperhatikan kondisi pakan dan kebersihan sangkarnya. Okey.

Sumber Tulisan:
1. https://omkicau.com/2014/10/08/beberapa-penyebab-burung-cucak-hijau-macet-bunyi/
2. http://www.kicauburung.id/cucak-ijo/cucak-ijo-macet-bunyi.html

0 komentar:

Post a Comment