Sunday, September 24, 2017

Mengenali Khasiat Gabah Bangkok Bagi Burung Lovebird

Berbicara tentang jenis biji-bijian yang sering diberikan kepada burung Lovebird umumnya hanya terbatas pada biji millet, jawawut, dan biji matahari saja. Pemberian biji-bijian tersebut biasanya dilakukan setiap hari dengan diselingi jenis pakan lainnya berupa buah-buahan dan sayuran. Padahal masih terdapat jenis biji lainnya yang memiliki khasiat tak kalah bagus dibanding jenis biji yang biasa disantap burung Lovebird. Adapun bentuk jenis biji tersebut sedikit berbeda dari jenis biji biasanya dengan rupa masih berwujud gabah. Dan nama gabah tersebut adalah Gabah Bangkok.

Gabah Bangkok telah lama dikenal sebagai pakan tambahan yang biasa diberikan kepada burung pemakan biji-bijian termasuk burung Lovebird. Jenis gabah bangkok memiliki bentuk melonjong pada masing-masing ujungnya. Ukuran gabah ini tidak terlalu panjang hanya tampak gemuk mengingat di dalamnya terdapat bulir beras. Begitu pula dengan warnanya yang terdiri dari dua jenis warna yakni putih dan merah. Kedua jenis gabah bangkok tersebut dimanfaatkan sebagai pakan yang diberikan mulai dari burung kecil sampai dengan dewasa.

Dikatakan bahwa gabah bangkok merupakan jenis pakan yang mengandung banyak nutrisi yang apik bagi burung Lovebird. Kandungan nutrisi yang ada di tiap butir gabah berupa Vitamin (A, B1, B2, B6, C, dan E), Fosfor, Natrium, Kalsium, Magnesium, dan Zat Besi. Selain itu, khasiat yang diterima burung Lovebird memakan gabah bangkok tergolong bervariasi mulai dari menjaga staminanya agar tidak mudah lelah saat latihan ataupun bertanding. Khasiat lainnya membantu menyeimbangkan tingkat birahinya agar tetap stabil dan mampu memperbaiki kualitas suaranya supaya terdengar lebih kencang serta agak kasar.

Pemberian gabah bangkok kepada burung Lovebird dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti mencampurkannya ke dalam pakan yang sedang disantap burung sebanyak 10 sampai 20 butir. Selain itu, bisa juga memberikannya langsung dengan diletakkan dalam  wadah atau cepuk pakannya. Gabah bangkok yang disantap burung Lovebird dapat diberikan sebagai upaya untuk memperindah kualitas kicauannya. Bila kicauan burung Lovebird sudah terdengar kencang dengan suara yang keras maka pemberian gabah bangkok dapat dihentikan untuk sementara waktu.

Disamping itu, gabah bangkok yang sebaiknya diberikan kepada burung Lovebird yang memiliki kualitas bagus. Ciri gabah bangkok yang layak dimakan burung paruh bengkok umumnya terdapat isi di dalam gabah tersebut. Untuk menguji gabah bangkok memiliki isi atau biji di dalamnya dapat diuji dengan memasukkannya ke air. Bila gabah tersebut terendam saat dimasukkan pertanda boleh diberikan kepada burung. Dan bila sebaliknya gabah tersebut mengapung di atas air pertanda isinya tidak ada atau dikenal kopong. Selain itu saat gabah bangkok dilihat dalam kondisi basah maka sebaiknya segera menjemurnya sampai kering. Sebab gabah dikenal mudah berjamur saat berada dalam kondisi lembab atau terkena air.

Karenanya bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan dan memperbaiki kualitas suara burung Lovebird kesayangan Anda. Maka tak ada salahnya memberikan pakan gabah bangkok kepada burung Lovebird milik Anda. Selain itu, gabah bangkok ini juga telah banyak dijual dalam bentuk kemasan bermerek dengan harga yang bersahabat. Jadi, Anda hanya perlu mendatangi pasar burung ocehan untuk mencari gabah bangkok yang banyak tersedia disana. Okey.

Sumber Tulisan:
1. http://www.mediaronggolawe.com/manfaat-gabah-burung-lovebird.html
2. https://omkicau.com/2017/05/07/manfaat-gabah-untuk-lovebird-kontrol-birahi-dongkrak-stamina-suara-lebih-kencang-dan-kasar/

0 komentar:

Post a Comment