Friday, January 13, 2017

Tanda-Tanda Burung Ocehan yang Sedang Sakit

Sakit yang menimpa burung ocehan jenis apapun merupakan fenomena umum yang sangat sulit diprediksi kedatangannya. Biasanya sakit yang terjadi pada burung ocehan sangat beragam mulai dari sakit mata, sakit perut, cacingan, pilek, dan masih banyak lagi. Datangnya penyakit itu bukanlah secara tiba-tiba tapi ditandai dengan gejala yang membuat perubahan pada burung ocehan. Perubahan yang tak biasa tersebut dapat dilihat dari perilakunya, organ tubuhnya, pola makan, dan bentuk kotorannya. Dengan melihat adanya perubahan yang terjadi pada burung ocehan berarti hal tersebut dapat menandakan sakit sedang menyerangnya. Untuk itu diperlukan langkah sigap dalam memperhatikan tanda-tandanya agar burung segera mendapatkan perawatan supaya kembali sehat.

Pada artikel yang ditulis kali ini coba menguraikan tentang tanda-tanda burung ocehan yang sedang sakit dan penting untuk disimak oleh para pembaca sekalian. Adapun penjelasan dari tanda-tanda tersebut bisa dibaca uraiannya di bawah ini:

1.Perhatikan bagian bulu-bulunya
Burung ocehan yang sedang sakt dapat dilihat tanda-tandanya melalui bulu-bulunya yang mengalami perubahan. Perubahan tersebut biasanya terjadi perubahan warna yang tidak terlalu mencolok dengan sedikit lebih kusam dibanding biasanya. Selain itu, burung ocehan yang sedang sakit akan mematuki bulu-bulunya tanpa henti sampai membuatnya rontok dalam jumlah yang tidak sedikit. Perhatikan pula bulu dibagian matanya yang mulai rontok satu demi satu yang berarti menandakan burung sedang tidak sehat.

2.Lihat dibagian hidungnya
Lazimnya hidung burung ocehan yang sehat akan terlihat kering di bagian permukaan luarnya. Bagi burung yang sakit akan terlihat cairan kental yang berwarna putih bening keluar dari hidungnya. Cairan tersebut biasanya akan terus keluar walaupun sudah dikeringkan selama burung tidak segera mendapatkan perawatan. Hal tersebut tentunya burung ocehan sedang sakit yang membuatnya menjadi sulit bernapas dan berkicau. Bila melihat burung yang hidungnya mengeluarkan cairan lendir tersebut biasanya hanya diam dengan duduk di atas tangkringan atau bagian dasar lantai sangkar.

3.Perhatikan pada pola makannya sehari-hari
Tanda-tanda burung ocehan yang sedang dihinggapi sakit lainnya dengan berkurangnya porsi makan dan minumnya. Lebih sedikitnya porsi makanan yang disantap burung ocehan menandakan selera makannya sedang tidak baik dan biasanya kejadian tersebut akan berlangsung beberapa hari sampai mendapatkan perawatan. Selain itu pula burung pun akan enggan mengambil makanannya dan memilih hanya berdiam diri saja. Dampaknya tentu berat badannya akan turut perlahan-lahan dan tentunya itu hanya memperparah kondisi sakit yang diderita burung ocehan.

4.Lihat dibagian kepalanya
Bagian kepala burung ocehan juga bisa dijadikan cara untuk melihat kondisi kesehatannya. Biasanya burung yang sedang sakit terlihat dari kepalanya yang sering diputarnya ke kanan dan kiri. Selain itu, kulit disekitar matanya akan terlihat memerah ditandai dengan copotnya bulu-bulunya yang melingkar di sekeliling matanya. Mata burung pun lebih sering terlihat tidak terbuka lebar atau selalu berkedip dan tampak seperti kesulitan dalam mengangkat matanya. Terjadinya benjolan kecil dibagian kepalanya yang menyebabkan tampilan kepalanya tidak tampak sama. Dan bila diperhatikan paruhnya tampak lebih sering terbuka lebar atau mangap seperti sedang mengeluarkan hawa panas dari tubuhnya.

5.Perubahan perilaku
Burung yang sedang sakit akan mengalami perubahan sikap atau perilaku yang biasanya mengurangi durasi kicauannya menjadi lebih sedikit atau bahkan berhenti sama sekali. Seperti disebutkan pada tanda-tanda di atas bahwa burung akan lebih banyak diam dengan duduk sambil melipat menekuk lutut di atas tangkringan ataupun di dasar sangkar. Burung pun lebih sering tiduran dengan memasukkan kepalanya ke ketiak salah satu sayapnya.

Nah, itulah uraian seputar tanda-tanda burung ocehan yang sedang sakit. Untuk itu bagi para pembaca sekalian yang burung ocehannya mempunyai kemiripan dengan tanda-tanda yang dituliskan dalam artikel ini. Bisa jadi kondisi kesehatan burung ocehan kesayangan para pembaca sekalian lagi tidak baik atau sedang sakit.

Sumber Tulisan:
  1. http://www.suaraburungs.com/2014/10/9-tanda-burung-yang-sedang-sakit.html
  2. https://omkicau.com/2013/05/22/bagaimana-cara-mengetahui-burung-sakit/

0 komentar:

Post a Comment