Sunday, January 29, 2017

Sekilas Tentang Burung Kecembang Gadung

Burung Kecembang Gadung yang bernama latin Irena Puella merupakan jenis burung pengicau yang suaranya tak kalah indah dengan burung ocehan populer lainnya. Akan tetapi tidak banyak yang memelihara dan mengenal burung yang satu ini. Ditambah pamornya kalah dengan burung pengicau lainnya seperti murai batu, anis merah, dan cucak ijo. Apalagi tampilannya yang terbilang cantik dengan warna biru hitam dan khas pada mata yang berwarna kemerahan. Karenanya, pada artikel ini diulas mengenai burung Kecembung Gadung biar dapat lebih dikenal oleh para pembaca sekalian.
 
Di kalangan masyarakat kita biasanya burung Kecembung Gadung dikenal pula dengan nama Cucak Biru. Ini dikarenakan warna tubuhnya didominasi oleh warna biru cerah dibagian mahota kepala, tengkuk, punggung, dan belakang punggung berbatasan dengan ekornya. Selain warna biru cerah terdapat warna hitam pekat yang menutupi bagian wajah, depan wajah dekat paruh, tenggorokan, perut, sayap bagian atas, dan ekornya. Yang menjadi keunikan pada burung Kecembung Gadung adalah matanya yang berwarna merah gelap dengan pupil yang berwarna cokelat kehitaman. Ukuran tubuhnya terbilag agak besar yakni sekitar 25 cm dibanding jenis burung ocehan lainnya yang hanya sekitar 19 cm saja.
Gambar: Burung Kecembung Gadung atau Cucak Biru
Walaupun burung Kecembung Gadung dipanggil juga dengan nama burung Cucak Biru akan tetapi tidak banyak masyarakat yang mengenalnya sebagai burung pengicau. Suara kicauan burung Kecembung Gadung terdengar nyaring dan mengalun-alun. Terdapat juga suara yang mendering saat menaikkan nada kicauannya. Selain itu, kicauannya mampu mengeluarkan tembakan-tembakan bernada tinggi dan melengking. Ditambah pula burung ini pun mampu mengingat berbagai jenis suara kicauan yang didengarnya untuk dibunyikan kembali bergantian dengan kicauan aslinya. 

Selain dikenal dengan nama burung Cucak Biru bahwa terdapat nama lainnya yang disematkan untuk burung Kecembung Gadung. Nama-nama tersebut adalah Cucak Gadung dan Asian Fairy Bluebird dalam bahasa inggrisnya. Keberadaannya tidak hanya terdapat di Indonesia tapi juga tersebar dibanyak negera di Asia. Adapun negara-negara yang dijadikan habtat bagi burung Kecembung Gadung adalah Tiongkok, Malaysia, India, Vietnam, dan Pilipina. Sedangkan di Indonesia sendiri yang menjadi tempat hidupnya terdapat di daerah Pulau Sumatera, Bangka Belitung, Pulau Jawa, dan Kalimantan. Banyaknya daerah yang ditinggali burung perparas biru kehitaman ini membuat populasinya masih terjaga dengan baik di alam.
 
Adapun hutan yang ditinggali oleh burung Kecembung Gadung adalah hutan primer, hutan sekunder, hutan rawa, sampai dengan pegunungan. Artinya burung pengicau ini mampu hidup mulai dari dataran rendah sampai dengan tinggi. Saat berada di hutan biasanya membentuk kawanan kecil atau bergerak sendiri-sendiri dengan bertengger di atas ranting pohon yang tinggi. Biasanya sewaktu mencari makanan burung Kecembung Gadung akan menyantap buah-buahan yang kaya dengan air dan serangga kecil. Sewaktu musim kawin tiba, kawanan ini akan berpencar dengan bergerak bersama pasangannya saja. Dalam membentuk sarang seringnya mengandalkan peran betina dengan mengumpulkan bahan sarang dari ranting, daun, dan akar yang telak kering. Dalam sekali musim kawin si betina mampu mengeluarkan telur hanya dua butir saja dan dierami selama dua minggu.

Sekilas perawatannya
Bagi yang ingin memelihara dan telah memiliki burung Kecembung Gadung perlu diperhatikan tentang cara perawatannya. Dalam perawatan hariannya perlu menyediakan pakan pokok berupa buah-buahan segar yang kaya air seperti pepaya, pir, apel, mangga, pisang, ataupun jeruk. Buah-buahan tersebut tentunya mesti dikupas atau membuang kulitnya dahulu dan memotongnya sesuai ukuran yang dibutuhkan. Selain memberikan buah-buahan dapat juga menambahkan pakan serangga seperti jangkrik, kroto, dan ulat hongkong, serta tak lupa berikan pula multivitamin. Adapun yang tak boleh dilewatkan adalah prosesi pemandian dan penjemurannya yang mesti dilakukan secara rutin setiap harinya. Tak lupa pula untuk mengasah kicauannya dengan memperdengarkan bunyi burung lain agar memperkaya warna kicauannya.

Itulah sekilas informasi yang dapat dituliskan dalam artikel ini seputar burung Kecembung Gadung. Mudah-mudahan dapat menambah pengetahuan kita semuanya tentang burung yang dipanggil Cucak Biru ini. Selain itu bagi Anda yang tertarik dengan burung Kecembung Gadung dapat memeliharanya ataupun cobalah menangkarnya. Supaya populasinya di hutan tidak tergaggu dan Anda tetap bisa memeliharanya.  

Sumber tulisan:
1. http://www.kutilang.or.id/2011/09/16/kecembang-gadung/
2. https://omkicau.com/2014/11/08/tips-agar-burung-cucak-biru-rajin-berbunyi/

Sumber Gambar:
1. https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Asian_Fairy-bluebird_(Irena_puella).jpg

0 komentar:

Post a Comment