Thursday, April 17, 2014

Tips-tips Untuk Merawat Kaos Sablon Yang Benar

Di antara begitu banyaknya yang menyukai baju kaos tidak semuanya menggemari jenis kaos oblong tapi ada sebagian yang sangat senang dengan baju kaos sablon. Sehingga akan melakukan apa saja untuk merawat baju kaos sablonnya agar jangan sampai luntur dan rusak. Karena kaos sablon memiliki keunikan tersendiri yakni gambar atau tulisan yang ada dibagian depan dan belakang baju kaos sablon bisa ditempah sendiri jadi memberikan kesan khusus bagi pemiliknya.

Yups, artikel ini menuliskan beberapa tips yang jitu untuk merawat kaos sablon agar para pemilik baju kaos sablon tetap bisa memakai baju kaos sablonnya kemanapun dan kapanpun tanpa takut sablonan bajunya luntur. Dari simaklah penjelasannya di bawah ini: 

Jangan direndam terlalu lama
Baju kaos tidak boleh disamakan dengan baju kemeja dalam perendaman pakaiannnya. Kalau baju kemeja direndam terlalu lama dengan deterjen tidak akan membuat warnanya luntur tapi beda dengan kaos sablon jika direndam teralalu lama baik dengan deterjen ataupun tidak tetap akan luntur. Dari itu merendam baju kaos sablon yang ingin dicuci disarankan tak lebih dari 30 menit agar warna dan sablonan di baju kaos tersebut tidak luntur dan akhirnya tidak bisa digunakan lagi. Alasan kaos sablon jangan direndam terlalu lama adalah tekstur kainnya yang lembut dan elastis jadi bisa merusak sablonannya jika terendam terlalu lama.

Pakai seperlunya saja
Kebanyakan para pemilik baju kaos sablon keseringan memakainya setiap hari sehingga harus dicuci berkali-kali yang menyebabkan kwalitasnya menurun. Jadi, disarankan agar memakai kaos sablon kesayangan anda pada waktu-waktu yang penting saja misalnya ketika ingin liburan atau saat ingin jalan-jalan saja.

Usahakan jangan pakai pemutih
Deterjen memang mempunyai fungsi untuk memutihkan dan menghilangkan noda pada pakaian sehingga tampak rapi dan tidak kusut. Tapi itu jika deterjennya yang tidak mengandung zat pemutih sehingga aman untuk pakian. Ingat, deterjen yang mengandung zat pemutih disarankan untuk tidak digunakan pada kaos sablon karena bisa merusak sablonan pada kaos dan membuat bajunya cepat rusak. Kaos sablon yang dicuci dengan pemutih maka gambar atau tulisan yang disablon pada kaos tersebut akan terkelupas sehingga merusak estetika yang terdapat pada kaos sablon tersebut. 

Menyetrika dengan benar
Salah satu tips untuk merawat baju kaos sablon agar tetap awet adalah dengan menyetrikanya. Iya, itu tidak hanya berlaku pada baju kaos sablon saja tapi untuk jenis pakaian lainnya seperti kemeja. Menyetrika baju kaos sablon tidak boleh asal-asalan karena jika salah dalam menyetrikanya bisa-bisa merusak sablonan pada kaos tersebut. Dari itu kalau menyetrika baju kaos sablon jangan sampai menyetrika gambar atau tulisan pada kaos sablonan tersebut. Akibat yang timbul bila sablonan pada kaos disetrika adalah gambar atau tulisan sablonan tersebut bisa rusak dan kaos itu bisa-bisa tak layak untuk dikenakan lagi. Maka dari itu perlu untuk cermat dalam menyetrika pakaian kaos sablon agar baju kaos sablonan tetap terjaga dan bisa terus dikenakan.

Nah, itulah penjelasan ringkas mengenai tips-tips untuk merawat baju kaos sablon agar tetap terjaga dan tak sampai rusak. Sehingga dengan mempraktekkan apa yang tertulis dalam artikel ini bisa manjadikan kaos sablonan anda tetap serasi dikenakan sampai kapanpun. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
1. http://www.anneaaben.com/detail.php?artikel=524&category=112

0 komentar:

Post a Comment