Wednesday, April 16, 2014

Menciptakan Sungai Bersih

Bagaimana diketahui sungai diciptakan dengan air yang jernih, dipagari oleh pepohonan, tidak berbahaya ketika dikonsumsi atau dipergunakan oleh makhluk hidup, serta banyaknya ikan-ikan serta makhluk hidup lainnya yang menghuninya dan bisa dipergunakan oleh manusia tentunya. Demikian gambaran sungai yang tercipta tanpa dipengaruhi oleh zaman globalisasi yang merusak hasil ciptaan Tuhan.

Berbeda pula sekarang menyaksikan sungai-sungai yang ada dibanyak daerah di Indonesia telah berubah ibarat kubangan yang sangat memperihatinkan jika digunakan oleh masyarakat sekitar. Merujuk mengapa penulis mengatakan hal yang demikian karena melihat kondisi sungai-sungai yang ada telah penuh dengan sampah dan air yang berbaur dengan limbah rumah tangga serta limbah pabrik yang membahayakan bagi perubahan kondisi air sungai terhadap makhluk hidup yang menggunakan airnya. Hal-hal seperti ini sudah menjamur dibanyak daerah terhadap sungai-sungai yang ada sehingga air sungai tersebut tidak bisa digunakan untuk keperluan yang semestinya dipakai oleh masyarakat.

Kondisi-kondisi yang demikian penulis coba menuliskan dari kutipan yang diambil dari Harian Analisa pada tanggal 30 juni yang lalu bahwa Prajurit TNI AD melakukan aksi membersihkan sampah di Sungai Ciliwung di Kampung Pulo, Jakarta Timur. Dan disaat para prajurit melakukan pembersihan sampah di sungai banyak terlihat warga yang melakukan aktivitas mencuci di sungai tersebut. Hal tersebut dari yang terjadi di sungai Ciliwung sangatlah memprihatinkan melihat kondisi sungai yang dipenuhi dengan sampah yang mendatangkan banyak penyakit tetapi masyarakat begitu terbiasanya memakai air sungai tersebut yang bisa mendatangkan masalah di kedepannya.

Bila diketahui manfaat air sungai sebenarnya sangatlah banyak sekali di antaranya ialah ikan-ikan yang ada di sungai dapat dikonsumsi atau dijual oleh masyarakat dan bisa dibuatnya penangkaran dengan menggunakan lingkungan sungai untuk pertumbuhan ekonomi, disamping itu air sungai sejatinya dapat dipergunakan oleh masyarakat untuk keperluan sehari-hari yang bisa memudahkan urusan, dan air sungai dapat berguna banyak untuk melakukan pengairan terhadap sawah ataupun ladang serta hal yang menguntungkan lainnya bagi makhluk hidup yang lainnya. Mungkin begitu sederhana arti sungai bagi kita semuanya namun bila sungai telah tercemar oleh sampah-sampah anorganik ditambah air yang sudah berbaur dengan limbah berbahaya dari pabrik maka satupun point di atas takkan bisa dimanfaatkan oleh makhluk hidup termasuk manusia.

Peran membersihkan sungai bersama
Adalah menarik untuk menyimak dari arti sungai yang begitu penting terhadap kelangsungan hidup makhluk karena hampir semua makhluk hidup di bumi ini telah menggunakan air sungai sejak lama sebagai kebutuhan hidup yang tak bisa dilepaskan. Hal yang demikianlah menjadikan air sungai menjadi sesuatu yang sangat penting untuk diperdulikan dan dijaga sebagai bagian dari lingkungan bersama.

Dari kutipan yang dituliskan tadi bahwa peran prajurit TNI AD melakukan pembersihan sampah di areal sungai Ciliwung sangatlah perlu untuk dicontoh oleh semua masyarakat terhadap pentingnya peran sungai bagi semuanya. Dengan akrabnya sikap untuk membersihkan sungai dapat menciptakan sungai kembali bersih bagaimana sedia kalanya.

Arti kebersamaan bukan hanya diletakkan pada masyarakat semata namun peran pemerintah dan aktivis lingkungan turut membantu memberdayakan sungai bersih akan mampu mengatasi dari terciptanya sungai-sungai yang kotor. Dengan peran pemerintah yang sangat berperan besar akan mengkordinirkan banyak pabrik yang melakukan pengolahan akan berhati-berhati dalam pembuangan limbah yang dapat merusak air sungai menjadi berbahaya untuk dipergunakan masyarakat. Dengan tegaknya peraturan tegas terhadap pembuangan limbah pabrik oleh pemerintah baik pusat maupun di setiap daerah maka akan memperkecil terjadinya pembuangan limbah yang berbahaya dan dapat menjaga sungai itu sendiri.

Disamping itu mengarahkan pemikiran masyarakat yang seharusnya dapat peduli terhadap sungai yang menjadi bagian pokok dalam lingkungan akan membawa pengertian arus globalisasi bukanlah sesuatu yang mengarahkan pola pikir tidak peduli terhadap lingkungan dan lebih meyayangi teknologi yang mendunia sekarang ini tetapi bagaimana pun arus globalisasi yang diterima oleh semua masyarakat dapat memposisikan diri untuk peduli terhadap sungainya. Dengan demikian arus globalisai yang terjadi sekarang ini membawa pengaruh besar akan peduli terhadap membersihkan sungai yang kotor akan membawa keindahan dan dapat memicu kemajuan kota dan peradaban yang terhindar dari masalah-masalah yang dihadapi akibat sampah yang menumpuk di sungai.

Bersama dengan peran dari semua pihak terutama masyarakat tidak mudah untuk membuang sampah rumah tangganya serta sampah jenis lainnya ke dalam sungai maka dimasa kedepannya sungai-sungai dapat dipergunakan terus oleh masyarakat dan perusahaan-perusahaan yang mempunyai pabrik untuk lebih mengerti arti lingkungan sehingga dapat mengolah limbah seaman mungkin untuk dapat dibuang ke sungai. Sehingga dari semua pihak yang berperan untuk menciptakan sungai kembali bersih maka memahi pentingnya sungai tercipta mempunyai peran besar terhadap kemakmuran makhluk hidup yang menggunakan dan mengelolanya dengan bijak dan tepat tanpa merusaknya.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Penulis adalah Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam, Fakultas Syariah, IAIN-SU)

0 komentar:

Post a Comment