Saturday, April 21, 2018

Ragam Manfaat Cacing Tanah Untuk Burung Ocehan

Jenis pakan hidup yang umumnya diberikan kepada burung ocehan tergolong cukup banyak atau beragam.  Jenis pakan hidup tersebut terdiri dari jangkrik, belalang, ulat, dan ikan guppy. Kesemua jenis pakan tersebut mengandung ragam nutrisi yang memberikan banyak manfaat atau khasiat bagi burung ocehan yang menyantapnya. Akan tetapi, terdapat jenis pakan hidup lainnya yang juga memiliki ragam manfaat dan baik dikonsumsi burung ocehan. Adapun nama jenis pakan hidup tersebut adalah Cacing Tanah.

Cacing Tanah tergolong hewan invetebrata (tidak memiliki tulang belakang) yang sudah umum dikenal hampir semua orang di dunia. Hewan yang berukuran panjang dengan bentuk mirip tabung ini yang berasal dari kelas Oligochaeta dan memiliki beragam jenis familia. Hanya saja, biasanya yang dikenal orang-orang kebanyakan berasal dari famili Megascilicidae dan Lumbricidae. Padahal jumlah total famili Cacing Tanah yang tersebar di seluruh negara sebanyak 21 jenis.
Cacing Tanah Jenis Lumbricus Rubellus
Cacing Tanah yang tempat hidupnya berada di bagian dalam tanah ini ternyata memiliki manfaat dalam menguraikan benda-benda organik yang berada di dalam ataupun atas permukaan tanah. Dampaknya tentu membuat kontur tanah menjadi gembur dan subur untuk ditanami berbagai jenis tumbuhan dan pepohonan. Selain itu, hewan yang memiliki kelamin ganda ini juga sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang diberikan kepada unggas dan ikan peliharaan di kolam. Akan tetapi, ternyata Cacing Tanah pun juga bisa dijadikan pakan tambahan untuk burung ocehan.

Ya, memberikan Cacing Tanah sebagai pakan burung ocehan tentunya sudah lama dilakukan oleh para penghobies diberbagai negara. Hal ini tentu tak terlepas dari tingkat kandungan proteinnya yang cukup tinggi hingga mencapai hampir 72 persen. Hanya saja, Cacing Tanah yang disarankan menjadi pakan burung ocehan sebaiknya yang masih hidup. Sebab bila Cacing yang diberikan ternyata sudah mati biasanya akan tercium aroma amis yang menyengat dan mungkin telah dipenuhi bakteri berbahaya maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan burung ocehan yang menyantapya.
Baca juga:
Disamping itu, jenis Cacing Tanah yang bisa dijadikan pakannya pun hanya beberapa jenis saja mulai dari jenis Cacing Merah (Lumbricus Rabbelus), Cacing Bayam (Eisenia Sp), Cacing Tanah (Lumbricus Terestris), dan Cacing Fosfor (Lumbricus SP). Hal ini dikarenakan keempat jenis Cacing Tanah itulah yang paling umum diberikan sebagai pakan tambahan dan banyak juga yang sudah membudidayakannya sehingga tidak perlu takut dengan jaminan kesehatannya.

Nah, begitu juga dengan khasiat atau manfaat yang diterima burung ocehan saat sesudah mengkonsumsinya cukup beragam yang meliputi: mampu menormalkan birahi, dapat menggenjot nafsu makan, memperindah suara kicauan, membuat burung rajin berkicau, dan memenuhi kelengkapan nutrisi di tubuhnya. Selain itu, cara pemberiannya bisa langsung ditaruh ke cepuk makanan per satu atau dua ekor dalam kondisi hidup. Dapat juga mengolahnya terlebih dahulu menjadi tepung cacing yang bisa dicampurkan ke dalam voernya. Hanya saja, mengingat Cacing Tanah bersifat pakan tambahan maka ada baiknya diberikan sekali sampai dua kali dalam satu minggu. Oke.

Referensi Tulisan:
1. https://omkicau.com/2016/09/26/cacing-merah-bisa-dimanfaatkan-untuk-mengatur-birahi-burung-kacer/
2. https://omkicau.com/2010/03/06/jenis-jenis-cacing-untuk-pakan-burung/
3. https://id.wikipedia.org/wiki/Cacing_tanah

Referensi Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Lumbricus_rubellus_HC1.jpg

0 komentar:

Post a Comment