Tuesday, April 24, 2018

Bolehkah Buah Belimbing Dimakan Burung Ocehan?

Bila ditanyakan tentang kebolehan buah Belimbing dijadikan pakan tambahan bagi burung ocehan mungkin tidak akan dijawab secara langsung dalam paragraf pembuka ini. Tapi penulis coba menjelaskan terlebih dahulu terkait kandungan nutrisi dan khasiatnya. Mengingat buah Belimbing salah satu jenis buah-buahan yang cukup banyak digemari masyarakat dihampir seluruh daerah hingga mancanegara. Selain itu, perlu juga kita mengetahui terkait penyebarannya yang ternyata tidak hanya terdapat di Indonesia. Untuk itu sangat disarankan bagi Anda yang penasaran dapat membaca artikel ini hingga tuntas.

Buah Belimbing merupakan salah satu tanaman asli Indonesia yang juga tersebar dibeberapa negara Asia lainnya seperti India dan Sri Langka. Dalam perkembangannya keberadaan buah Belimbing juga tersebar merata diberbagai negara kawasan Benua Amerika dan Afrika yang meliputi Republik Dominika, Peru, Ghana, Tonga, Guyana, Polinesia, dan Amerika Serikat. Luasnya area persebarannya tak bisa dilepaskan dari banyaknya orang-orang yang mengkonsumsi baik secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu menjadi makanan dan minuman.
Buah Belimbing yang sudah matang
Begitu juga dengan kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah Belimbing tergolong cukup banyak mulai dari Kalori, Natrium, Kalium, Karbohidrat, Protein, Vitamin (A, B6, B12, C, dan D), Kalsium, Zat Besi, dan Magnesium. Selain itu, khasiat atau manfaat yang terkandung dalam buah Belimbing juga tak kalah bervariasi seperti bisa menjaga sistem pencernaan, menjadi anti oksidan, mampu meningkatkan kemampuan enzim tubuh, menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan mata, dan beberapa manfaat lainnya.

Nah, burung ocehan juga bisa diberikan buah Belimbing sebagai pakan tambahannya yang mengandung khasiat atau manfaat. Khasiat yang paling umum dibicarakan ialah mampu menjaga kualitas suara burung ocehan tidak hanya terdengar semakin merdu tapi juga mampu membuatnya lebih jernih atau mengkristal. Cara pemberiannya biasanya tidak disajikan secara langsung tapi diolah terlebih dahulu menjadi minuman jus. Pengolahannya bisa mengaduknya dalam blender yang nantinya disaring dengan memisahkan ampasnya. Tapi juga bisa diolah dengan memerasnya hingga terkumpul air dari buah Belimbing tersebut.
Baca juga:
Kualitas buah Belimbing yang dijadikan pakan burung ocehan sebaiknya yang sudah matang dengan warna kuning tua dan sedikit hijau. Tujuannya agar air jusnya nanti tidak terasa kelat yang bisa berdampak buruk bagi sisitem pencernaan burung ocehan. Selanjutnya, air perasan buah Belimbing tersebut bisa ditaruh ke dalam tempat minumnya dalam jumlah yang sedikit saja. Hal ini dimaksudkan karena pemberian buah Belimbing ini bukan sebagai pakan rutinnya tapi bersifat terapi yang hanya dijadikan selingan atau tambahan saja.

Karenanya takaran yang disarankan untuk menjadikan buah Belimbing menjadi pakan burung ocehan hanya boleh diberikan maksimal dua kali dalam seminggu. Setelah kondisi suara kicauannya terdengar semakin merdu dan jernih maka pemberian buah Belimbing pun bisa dihentikan sementara waktu sampai kembali ingin menjernihkan kembali suara kicauannya.

Nah, setelah membaca artikel ini sampai tuntas kiranya bisa menjawab pertanyaan kita bahwa buah Belimbing boleh diberikan kepada burung ocehan. Hanya saja, tetap diperhatikan terkait dengan takarannya yang tidak boleh terlalu sering atau jangan sampai menjadikan buah Belimbing menjadi makanan rutin burung ocehan. Okey.

Referensi Tulisan:
1. https://omkicau.com/2014/10/18/terapi-jus-belimbing-agar-suara-burung-lebih-bening-dan-gacor/
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Belimbing
3. http://www.tipsburung.com/2016/10/manfaat-buah-belimbing-untuk-burung.html

Referensi Gambar:
https://pixabay.com/en/star-fruit-fruit-yellow-food-1557438/

2 comments