Tuesday, January 27, 2015

Mengenali Cara Merawat Burung Robin

Bila ditanyakan pada kita mengenai pentingnya perawatan burung ocehan tentunya semuanya akan setuju untuk merawat burung ocehannya dengan maksimal. Perawatan terhadap burung ocehan tidak hanya terkhusus pada burung-burung yang sudah lama tenar atau terkenal tapi juga kepada burung ocehan yang tidak begitu dikenal oleh masyarakat. Nah, perawatan yang diberikan kepada burung ocehan dilakukan tidak hanya kepada bagian pengindahan suara kicauannya saja melainkan juga kepada bagian tubuhnya, corak bulunya, dan organ tubuhnya. Dalam hal ini dengan dilakukan perawatan kepada burung ocehan maka kesehatannya akan terjaga dan suaranya dapat semakin merdu.

Artikel ini coba menguraiakan penjelasan mengenai perawatan terhadap burung robin yang dikenal oleh masyarakat sebagai burung ocehan kesayangan bangsa Tionghoa. Burung robin sudah sangat lama dikenal oleh masyarakat Indonesia dan sudah banyak pula orang-orang yang memelihara burung robin baik untuk hiasan rumah ataupun untuk diperlombakan. Sedari itu diperlukan referensi mengenai cara merawat burung robin yang baik dan benar. Dan penjelasan untuk cara merawat burung robin dapat disimak di bawah ini:

Memandikannya
Burung robin perlu mendapatkan perhatian perawatan dengan memandikannya secara rutin yakni pada pagi dan sore hari. Memandikan dapat dengan cara menyemprotkan air kebagian bulu kepala dan badannya. Cara lainnya ialah dengan membiarkannya mandi sendiri di dalam kerambah atau cepuk dengan mengarahkannya secara perlahan tapi jangan dipaksa. Memandikan burung robin tujuannya ialah agar kuman-kuman dan debu-debu yang menempel di sela-sela sayapnya bisa hilang. Selain itu juga dengan seringnya burung robin di berikan perawatan dengan cara memandikannya maka kutu-kutu dan tungau tidak akan mau lagi bersemayam di tubuh burung robin. Sehingga dengan rutinnya burung robin dimandikan maka ia tidak akan terjangkit penyakit kulit yang menyebabkannya mematuki bulunya. 

Menjemurnya
Cara lain untuk merawat burung robin ialah dengan melakukan penjemuran. Penjemuran yang dianjurkan untuk burung robin ialah dilakukan pada pagi hari dari jam 7 pagi sampai dengan 10 pagi. Dan juga rentan lamanya penjemuran ialah selama 30 menit. Usahakan bila burung merasa gerah atau mengepak-ngepakkan sayapnya untuk langsung diangkat dan ditaruhkan pada tempat yang teduh. Hal tersebut pertanda bahwa burung robin sudah merasakan cukup mendapatkan sinar matahari dan jangan dipaksakan terlalu lama karena bisa dapat membuatnya kehabisan nafas serta berujung pada kematian. Penjemuran yang diberikan untuk burung robin dapat diberikan setiap hari atau bisa juga sebanyak dua kali dalam satu minggu. 

Berikan makanan bergizi dan bermutu
Untuk merawat burung robin selain memandikan dan menjemurnya dapat pula dilakukan dengan cara memberikan makanan bergizi dan bermutu untuk burung robin. Makanan pokok untuk burung robin ialah buah-buahan seperti buah semangka, buah pisang, mangga, dan lain-lain. Karena dalam buah-buahan terkandung banyak vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh burung robin yang mempunyai sifat aktif. Disamping itu juga selain memberikan makanan buah-buahan kepada burung robin dapat juga diberikan makanan dari serangga-serangga kecil seperti ulat hongkong, jangkrik, dan bahkan cacing.

Yup, demikianlah uraian dan penjelasan mengenai perawatan terhadap burung robin yang saat ini harganya sudah mahal dibanding tahun sebelumnya. Dan semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://ronggolawe.info/mengenal-dan-merawat-burung-pekin-robin/
http://hargaburung-master.blogspot.com/2014/08/cara-merawat-burung-robin-agar-cepat.html

0 komentar:

Post a Comment