Friday, April 18, 2014

Rakun: Satwa Aktif di Malam Hari Dari Benua Amerika

Benua Amerika mempunyai segudang primata unik dan khas yang belum ada di benua-benua lain. Adalah primata unik dan khas itu ialah Rakun yang terletak di bagian Amerika Utara. Rakun adalah binatang yang aktif di malam hari dan mengunakan pendengarannya yang tajam untuk berburu makanan. Tapi timbul pertanyaan kenapa Rakun tidak menggunakan matanya dalam berburu makanan?. Alasannya karena mata Rakun sejak lahir sudah mengalami kebutaan warna. Hewan ini tergolong hewan mamalia atau menyusui yang habitatnya di hutan. Di Amerika Utara primata rakun dapat dijumpai oleh para wisatawan di kebun binatang dan juga di hutan gugur serta hutan campuran (heterogen).

Menariknya mengulas hewan asli benua amerika ini ialah tingkat kepintarannya yang sudah teruji. Diketahui bahwa rakun mempunyai kecerdasan yang mampu mengingat sesuatu hal sampai tiga tahun lamanya sehingga sewaktu berburu makanan yangtempatnya jauh dari sarangnya maka ia dapat pulang kembali tanpa tersesat. Rakun pada mulanya diketahui hidup menyendiri ketika berburu makanan dan membangun sarangnya. Tetapi dilakukan sebuah penelitian lebih lanjut mengenai prilaku rakun diketahui bahwa Rakun hidup berkelompok dalam mencari makanan dan berbagi sarangnya dengan rakun-rakun yang lain. Musim semi dijadikan oleh Rakun sebagai musim kawin dan ketika melahirkan anaknya bisa mencapai 2-5 anak sekaligus.

Gambar Rakun
Rakun terkadang sering disamakan dengan rubah padahal sejatinya kedua hewan ini berbeda jenisnya. Nah, dari itu dituliskan ciri-ciri Rakun sehingga dapat dibedakan mana rakun mana rubah. Dan ciri-ciri dari rakun ialah:
  • Rakun mempunyai ukuran tubuh yang kecil dengan panjang tubuh antara 40-70 cm saja dan berat badannya sekitar 3,5-9 kg.
  • Rakun adalah hewan omnivora yang berarti makanannya tidak hanya tumbuhan dan buah-buahan saja tetapi ia juga memakan daging.
  • Rakun mempunyai bulu-bulu yang tebal yang berfungsi untuk memberikan kehangatan ketika di musim dingin dan bulu-bulu itu berwarna ke abu-abuan. Bulu-bulu yang menyelimuti tubuh rakun memiliki tebal mencapai 2-3 cm.
  • Jika dilihat pada dua kaki depannya maka tampak cakar yang panjang difungsikan untuk menyergap mangsanya saat berburu. Dan mukanya tampak seperti topeng yang lucu untuk mengelabui musuh-musuhnya.
  • Pada wajahnya terdapat warna hitam pekat yang mencolok di sekitar matanya dan pada daerah sekitar telinganya berwarna putih terang sehingga tampak lucu dan terlihat seperti topeng. Warna hitam pekat yang mengitari matanya mempunyai fungsi untuk menyerap sinar silau pada malam hari sehingga tidak mengganggu penglihatan matanya.
  • Rakun adalah hewan berkaki empat yang bisa berdiri tegak dengan menggunakan dua kaki belakangnya saja.
  • Seperti yang sudah dituliskan tadi bahwa rakun terlahir sebagai hewan yang buta warna dan tidak bisa melihat pada malam hari dan warna yang bisa dilihat dengan jelas hanyalah warna hijau muda saja.
Itu menjadi ciri-ciri umum dari primata rakun dan menjadi kelebihan dari rakun yang lain ialah sistem tubuhnya yang bisa mengatur panas sesuai dengan keadaan. Pada waktu musim dingin tubuhnya mampu mengeluarkan panas untuk menghangatkan tubuhnya sehingga tidak kedinginan dan di waktu musim panas tubuhnya bisa mengeluarkan keringat untuk pengaturan temperatur tubuhnya.

Penyebaran Rakun memang tidak hanya ada di Benua Amerika saja terutama di bagian Amerika Utara tetapi sudah sampai menyentuh Benua Eropa dan Asia. Hewan ini sejatinya hidup di empat musim tetapi ketika hidup di dua musim seperti kebanyakan negara asia rakun tidak mengalami kendala apapun. Dengan seiring perjalanan waktu rakun dijadikan objek perburuan liar di Benua Amerika sehingga menyebabkan populasinya berkurang dari waktu ke waktu. Padahal kalau tidak diburu rakun mampu hidup sampai usia 20 tahun lamanya. Sehingga pemerintah di negara-negara Amerika dan Eropa melarang perburuan dan memperdagangkan binatang rakun untuk menjaga populasinya agar tak sampai punah.

Dan artikel ini telah menyuguhkan informasi mengenai primata lucu dan unik yakni Rakun yang berasal dari benua amerika. Sehingga dari artikel ini dapat menambah pengatahuan bagi kita semuanya. Terimakasih.

Oleh : Satria Dwi Saputro
Sumber:
1. http://www.anneahira.com/rakun.htm

Gambar :
1. http://www.itusozluk.com/gorseller/rakun+bo%F0arken+dikkat+edilmesi+gerekenler/41994

0 komentar:

Post a Comment