Friday, April 27, 2018

Mungilnya Si Burung Ocehan Cabai Polos

Berbicara tentang jenis burung ocehan yang terbesit dibenak kita adalah ukuran tubuhnya yang cukup mungil atau kecil dengan panjang rata-rata hanya sekitar 10 sampai 11 cm saja. Walaupun bertubuh mungil ternyata jenis burung Cabai mampu berkicau dengan suara yang nyaring dan melengking. Selain itu, keberadaan jenis burung Cabai yang terdapat di wilayah hutan Indonesia tergolong sangat banyak yang mencapai hingga 21 jenis. Karenanya penulis pun tertarik untuk mengulas salah satu di antaranya agar semakin banyak yang mengenalinya. Adapun nama burung Cabai tersebut adalah burung Cabai Polos.

Burung Cabai Polos tergolong salah satu jenis burung Cabai yang termasuk dalam keluarga Dicaeidae. Area persebarannya tidak hanya berada di Indonesia tapi juga terdapat dibanyak negara Asia lainnya. Secara umum negara-negara yang menjadi habitat burung Cabai Polos terdiri dari negara India, Nepal, Bangladesh, Myanmar, Tiongkok, Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Selain itu, daerah di wilayah Indonesia yang ditinggalinya tersebar merata di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Kepulauan Natuna, dan Bali. Luasnya area persebarannya tak terlepas dari jumlah sub-spesiesnya yang mencapai tujuh jenis.
Burung Cabai Polos
Begitu juga dengan kehidupannya di alam bebas biasanya tersebar di kawasan hutan perbukitan dan pegunungan dengan ketinggian mencapai 1500 meter dpl. Keberadaannya di alam liar tidak hanya terdapat di hutan perbukitan dan hutan sekunder tapi juga lahan pertanian yang tidak jauh dari pemukiman masyarakat. Jenis makanannya juga bervariasi mulai dari aneka jenis serangga, buah-buahan kecil, dan biji-bijian. Biasanya saat memasuki masa berkembangbiak sang indukan akan membangun sarang berupa kantung yang digantungkan pada bagian dahan pohon dan dapat menampung telur sebanyak tiga butir.
Baca juga:
Cabai Kelabu, Si Burung Ocehan Endemik yang Berukuran Kecil
Burung Cabai Jawa, Si Burung Endemik yang Bertubuh Kecil
Cabai Gunung, Si Burung Mungil Yang Bersuara Merdu
Mengenal Lebih Jauh Tentang Burung Cabai Benalu
Sedangkan panjang tubuh burung yang bernama latin Dicaeum Concolor ini tergolong kecil seukuran jenis burung Madu yakni hanya sekitar 8 sentimeter saja. Adapun ciri fisik lainnya yang perlu diketahui dari burung Cabai Polos dapat disimak penjelasannya di bawah ini:

  1. Tampak berwarna cokelat kehitaman kusam zaitun yang menutupi bagian atas tubuhnya mulai dari mahkota kepala, tengkuk, punggung, sayap, dan ekornya. 
  2. Terlihat juga warna abu-abu pucat yang terdaat dibagian bawah tubuhnya yang meliputi bagian wajah, depan wajah, tenggorokan, dada, perut, dan hingga area tunggirnya.
  3. Paruhnya yang berwarna hitam pekat terlihat berukuran sedang dan agak tebal.
  4. Matanya yang berwarna hitam kecokelatan dengan ukuran sedang dan terlihat bulat.
  5. Ekornya yang berwarna kecokelatan berukuran sedang dan hanya terdiri dari beberapa helai ekor saja.
  6. Lalu kakinya berwarna hitam keabu-abuan yang berukuran sedang dan agak besar dengan cakar yang tajam.

Disamping itu, suara kicauan burung Plain Flowerpecker yang dipanggil dalam bahasa Inggris ini tidak terlalu merdu tapi agak nyaring. Volume kicauannya juga tergolong sedang dengan tempo yang agak rapat. Suara kicauannya terdengar monoton dengan hanya mengeluarkan bunyi seperti: “cippp.... ciippp... ciippp” dan “ciii...ciii..ciii”. 

Bagaimana penjeleasannya? Tentunya dapat menambah wawasan kita seputar ragam jenis burung ocehan terutama dari jenis burung Cabai. Dan bila Anda tertarik dengan burung Cabai Polos mungkin bisa membelinya di pasar burung ocehan ataupun mencari rekaman suaranya di internet. 

Referensi Tulisan:
1. http://www.kutilang.or.id/2012/04/22/cabai-polos/
2. https://www.hbw.com/species/nilgiri-flowerpecker-dicaeum-concolor

Rerefensi Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Dicaeum_concolor.jpg

0 komentar:

Post a Comment